spot_img
Minggu 21 April 2024
spot_img
More

    7 Cara Atasi Gangguan Rasa Cemas Berlebihan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Setiap orang pasti pernah mengalami rasa cemas dan khawatir.

    Hal tersebut merupakan kondisi wajar. Pasalnya, kondisi itu merupakan bentuk luapan emosi saat merasa stres atau tertekan.

    Namun jika perasaan tersebut muncul secara terus menerus dan mengganggu kehidupan sehari-hari bisa menjadi gejala gangguan kecemasan.

    BACA JUGA:

    5 Film Zombie Rate Tertinggi Korea Selatan, Mana yang Belum Kamu Tonton !

    Melansir dari Medical News Today, gangguan kecemasan (anxiety disorder) adalah perasaan cemas menetap atau memburuk. Itu akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

    Seseorang yang menderita gangguan mental ini akan merasa gugup dan khawatir secara terus menerus dan berulang.

    Selain itu, penderita juga akan mengalami berbagai gejala fisik. Seperti berkeringat, pernapasan cepat atau dangkal dan sulit tidur.

    Berikut cara mengatasi gangguan kecemasan secara mandiri di rumah:

    – Cari kegiatan lain yang dapat menenangkan pikiran

    Lakukan kegiatan yang Anda suka. Semisal, mendengarkan lagu, menonton film, membaca buku, meditasi, relaksasi dan membeli makanan favorit.

    – Berendam dengan air hangat

    Berendam menggunakan air hangat untuk merelaksasikan otot-otot yang tegang.

    – Olahraga ringan

    Olahraga selama 30 menit guna mengurangi kecemasa, hal ini dapat dilakukan untuk membuat diri menjadi lebih tenang.

    BACA JUGA:

    Life Hack Mahasiswa Semester Akhir, Wajib Kamu Tahu!

    – Gunakan aromaterapi ketika hendak tidur, agar pikiran menjadi lebih tenang, dan tidak susah untuk tidur

    – Mencoba hal-hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya, seperti mendaki gunung

    – Konsumsi makanan sehat bergizi seimbang.

    Anda dapat meminimalisir konsumsi gula dan karbohidrat olahan. Perbanyak asupan vitamin B dalam tubuh. Depresi dapat dipicu karena kurangnya kandungan vitamin B pada tubuh. Mengurangi konsumsi kopi, cokelat, dan teh.

    – Waktu tidur yang cukup

    Untuk mengatasi perasaan cemas yang berlebihan, kamu dapat mencoba mengubah pola tidur, setidaknya 7 jam per hari.

    – Selalu berpikir positif,

    Rasa cemas yang berlebihan akan semakin parah dengan pikiran negatif yang terus-menerus.

    Ketika cara tersebut sudah dilakukan, tetapi tidak juga meringankan gangguan kecemasan yang kamu alami, segeralah untuk ke psikolog. Kecemasan merupakan kondisi kesehatan mental, yang bisa saja sulit untuk diobati jika kamu tidak segera mengatasinya.

    (Marliah Sri/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img