spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Laksmana Yudo Bocorkan Calon KSAL

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Calon Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono, membocorkan calon Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) yang akan segera menggantikan dirinya.

    Yudo mengatakan, penggantinya harus memenuhi minimal kepangkatan jenderal bintang tiga atau Laksamana Madya.

    “Belum disiapkan (nama calon KSAL) dari saya. Yang pasti harus (punya pangkat) bintang tiga dan itu jumlahnya ada lima,” kata Laksmana Yudo di rumah dinas KSAL, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (2/12/2022).

    Saat ditanyakan apakah ia akan mengusulkan kelima jenderal itu kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), Yudo menyebut hal tersebut tergantung keputusan Presiden.

    BACA JUGA: Laksamana Yudo Bakal Disahkan Jadi Panglima TNI Selasa Pekan Depan

    “Terserah permintaannya nanti, yang jelas mereka harus berasal (dari matra) Angkatan Laut,” kata dia, seperti dilansir IDN.

    Ketika media kembali mendesak agar Yudo membocorkan calon KSAL dengan menyebut inisial, menurutnya hal tersebut bisa dicek langsung dengan melihat daftar perwira TNI AL yang kini sudah menyandang bintang tiga.

    “Inisialnya kan sudah bisa dilihat yang Angkatan Laut (AL) yang bintang tiga. Sabar,” katanya.

    Yudo sudah disetujui Komisi I DPR sebagai Panglima TNI. Yudo merasa bangga karena dapat terpilih menjadi Panglima TNI ke-3 dari matra Angkatan Laut.

    Sementara, pada Jumat malam (2/12/2022), sejumlah anggota Komisi I DPR berkunjung ke rumah dinasnya di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.

    Kunjungan itu merupakan verifikasi faktual dan menjadi bagian dari proses uji kepatutan dan kelayakan calon Panglima TNI.

    Sebelumnya, pada Jumat siang, Yudo telah melewati fit and proper test di ruang rapat Komisi I DPR. Usai menjalani fit and proper test selama tiga jam, Komisi I menyatakan Yudo lolos sebagai Panglima TNI.

    “Tadi baru saja perwakilan Komisi I DPR datang untuk mengecek tentang rumah saya, kemudian istri, anak, adik, dan keluarga saya. Kami tadi sudah jamu dan sudah meninggalkan rumah,” ungkap Yudo yang ditemui di rumah dinasnya pada Jumat malam ini.

    Yudo mengatakan, rumah pribadinya berada di Surabaya. Maka, sehari-hari ia menempati rumah jabatan yang berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat.

    “Alhamdulillah, Beliau berkenan datang ke rumah jabatan KSAL,” tutur dia.

    Ia juga menyebut, makanan yang disajikan bagi anggota parlemen tergolong sederhana. “Ada mi, nasi goreng, bakso. Ya, makanan biasalah. Intinya, untuk bersilaturahmi dan menunjukkan ini lho kediaman kita,” kata Yudo.

    Sementara, ketika di hadapan anggota Komisi I DPR, Yudo membawa visi “Wujudkan TNI yang Kuat, Sehingga Menjadikan Rakyat dan Bangsa Indonesia Bermartabat.” Menurutnya, hal itu bisa dicapai dengan menjadikan TNI patriot NKRI.

    “Mereka merupakan kepanjangan dari prajurit tri matra yang profesional, modern dan tangguh demi keutuhan NKRI,” ungkap Yudo di ruang rapat Komisi I DPR.

    Ia menambahkan prajurit TNI yang profesional akan semakin baik bila dilengkapi alutsista modern. Sehingga, prajurit TNI dapat menghadapi berbagai ancaman yang tangguh dan berbagai tugas negara.

    Saat fit and proper test kemarin, Yudo didampingi dua kepala staf angkatan lainnya yakni Jenderal TNI Dudung Abdurrachman dan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. Lalu, ada pula Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img