spot_img
Selasa 29 November 2022
spot_img
More

    5 Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan Tubuh

    FOKUSJabar.id: Manfaat beras merah untuk kesehatan tubuh memang sudah tidak terbantahkan lagi, selain baik untuk menjaga pola makanan, untuk diet. Selain itu beras merah juga memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan tubuh.

    Termasuk dalam biji-bijian bebas gluten, beras merah hanya mengalami sekali proses pengelupasan kulit sehingga kandungan nutrisinya tidak banyak terbuang. Hal ini yang menjadikan beras merah mempunyai lebih banyak nutrisi dari beras putih.

    Serat adalah salah satu nutrisi yang terkandung dalam beras merah. Serat ini berperan penting dalam proses untuk menurunkan berat badan atau diet.

    Baca Juga: Tips Diet Ala Fanny Ghassani

    Nutrisi dalam Beras Merah

    Melansir dari alodokter, dalam satu porsi beras merah (sekitar 200 gram) terkandung 230–250 kalori dan beragam nutrisi penting lain. 

    Berikut adalah kandungan nutrisi-nutrisi di dalam beras merah:

    • 45–50 gram karbohidrat
    • 3–3,5 gram serat
    • 5 gram protein
    • 1,6–2 gram lemak
    • 160 miligram kalium
    • 80 miligram magnesium
    • 2 miligram natrium
    • 1,1 miligram zat besi
    • 150–200 miligram fosfor

    Beras merah juga mengandung vitamin B, mangan, asam pantotenat, zinc, dan kalsium meski dalam kadar yang lebih sedikit.

    Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan

    Berikut adalah manfaat beras merah bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan:

    1. Melancarkan pencernaan

    Mempunyai kandungan serat dan karbohidrat kompleks yang tinggi, dapat melancarkan pencernaan serta menjaga bakteri baik di dalam usus. Dengan mengkonsumsi secara rutin beras merah dapat mencegah sembelit.

    2. Mengurangi risiko terkena kanker

    Fenolat dan flavonoid merupakan kandungan antioksidan di dalam beras merah, melindungi sel tubuh dari stres oksidatif pemicu berbagai penyakit kanker, termasuk kanker usus besar.

    3. Mengontrol berat badan

    Beras merah dapat membantu mengontrol berat badan. Mengandung serat, protein, dan karbohidrat kompleks yang lebih tinggi dari beras putih, yang dapat membuat kenyang lebih lama.

    Hasil dari beberapa penelitian menyebutkan dengan mengkonsumsi beras merah secara rutin dapat mengendalikan berat badan. Sehingga dengan mengkonsumsinya dapat mencegah obesitas.

    4. Mengontrol kadar gula darah

    Manfaat selanjutnya adalah membantu mengontrol kadar gula darah. Karena memiliki indeks glikemik lebih rendah dari beras putih, dengan mengkonsumsi beras merah tidak meningkatkan kadar gula dalam darah.

    Mengkonsumsi beras merah secara rutin baik juga untuk mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

    5. Mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskuler

    Bukan hanya kaya akan serat, beras merah juga mengandung berbagai nutrisi penting lain, seperti magnesium, zat lignan dan antioksidan.

    Kandungan-kandungan nutrisi tersebut dapat mencegah menumpuknya kolesterol jahat di dalam darah, mengontrol tekanan darah, serta mencegah penyumbatan di pembuluh darah.

    karenanya, mengkonsumsi beras merah sangat baik untuk mencegah berbagai penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah dan jantung.

    Baca Juga: 7 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

    Supaya manfaat beras merah lebih maksimal, terapkan pola hidup sehat. Berhenti merokok, rutin berolahraga, mengkonsumsi sayur dan buah, dan tidak meminum alkohol. Melakukan hal tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

    Berkonsultasilah kepada dokter, jika masih memiliki pertanyaan terkait manfaat beras merah dan jumlah asupan yang tepat sesuai dengan kondisi kita.

    (Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img