spot_img
Rabu 30 November 2022
spot_img
More

    Masyarakat Dipersilahkan Perdayakan Kelola Aset Lapas Kota Banjar

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Kepala Lapas kelas IIB Kota Banjar, Mohammad Maolana terus berupaya mengajak masyarakat mengenal kehidupan ditempat yang dipimpinnya. 

    Dengan komitmen tersebut, dia seringkali melakukan berbagai kegiatan yang tentunya melibatkan masyarakat Banjar. 

    “Hari ini kami bekerjasama dengan Karang Taruna Tambakbaya Pataruman Kota Banjar memperingati Hari Pahlawan Tahun 2022 Serta Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon (GTPP),” katanya kepada wartawan. Minggu (13/11/2022). 

    BACA JUGA: Napi Lapas Kota Banjar Siap Kerja Dengan Sertifikat Keahlian

    Dalam hal ini, Mohammad mengatakan pihaknya menggelar Jalan Santai dan Penanaman Pohon Kelapa di Lokasi Lahan Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) Lapas Banjar. 

    “Hari ini kami bekerjasama dengan Karang Taruna Tambakbaya Pataruman Kota Banjar memperingati Hari Pahlawan Tahun 2022 Serta Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon (GTPP),” ujarnya. 

    Orang nomor satu di tempat yang dikenal dengan istilah penjara ini menyebutkan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmennya mengajak masyarakat untuk datang ke Lapas Banjar.

     “Kami terbuka bagi masyarakat untuk datang dan melihat berbagai potensi di Lapas Banjar salah satunya Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) Lapas Banjar,” kata dia. 

    Mohammad juga menjelaskan potensi yang ada di Lapas Banjar merupakan sarana untuk pembinaan kemandirian warga binaan dan proses reintegrasi sosial.

    “Jadi warga binaan disini diberikan pembinaan sebelum mereka kembali ke masyarakat,” tuturnya. 

    Dari pantauan FOKUSJabar kegiatan yang diselenggarakan di Lapas Banjar ini juga didatangi sejumlah pejabat publik di wilayah itu yakni Wakil Walikota Banjar, Anggota DPRD Kota Banjar, Camat Pataruman, Lurah Pataruman, dan lainnya. 

    Start Jalan Santai oleh Wakil Walikota Banjar H.Nana Suryana dimulai dari Pos Wasrik Lapas Banjar menuju Lokasi Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE), di lokasi SAE dilaksanakan penanaman pohon kelapa sebanyak 200 pohon kelapa. 

    Kemudian dilanjutkan menuju Wahana Agro Wisata Tepas Konci dan berakhir finish di Lapang Taman Kehati Kota Banjar.

    Dalam kegiatan tersebut pun, Wakil Walikota Banjar, Nama Suryana menuturkan bahwa dalam rangka hari pahlawan dan Hari Kesehatan Nasional membuktikan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar. 

    “Kita sebagai Bangsa yang besar dan bangsa yang tidak pernah melupakan jasa para pahlawan. Dulu Indonesia terkenal dengan “Nyiur Melambai” dan hingga sekarang bahwa kita gelorakan kembali dengan menanam pohon kelapa karena itu khas Indonesia,” kata dia.

    Dengan penanaman pohon kelapa ini Nana juga menyebutkan akan menambah komoditi tanaman bermanfaat di lokasi Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) Lapas Banjar. 

    BACA JUGA: Cerita Lapas Kota Banjar Ditulis dalam Buku

    “Selain pohon kelapa disini juga menanam berbagai pohon lainnya diantaranya pohon durian, Sacha Inchi, Rambutan, mangga, Nangka dan lainnya,” kata Nana

    Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon (GTPP) ini melibatkan seluruh lapisan masyarakat dengan tujuan agar masyarakat juga menanam pohon di lingkungan tempat tinggalnya.

    “Kita ketahui bahwa pohon adalah paru-paru dunia untuk masa depan anak cucu kita,” pungkasnya. 

    (Budiana Martin/Anthika Asmara) 

    Berita Terbaru

    spot_img