spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Wali Kota Bandung: Bantuan Untuk Pengrajin Tempe dan Tahu Tidak Ideal

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengaku, bantuan uang dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sebesar Rp 1.000 untuk perajin tahu dan tempe belum ideal.

    “Kita akui, karena subsidinya juga Rp 1.000 rupiah. Sementara dari harga Rp 7.000 sampai Rp 8.000 naik menjadi Rp 13.000. Kenaikannya masih tinggi,” kata Yana Mulyana Selasa (18/10/2022).

    Namun demikian, Yana menyebut bahwa Pemkot Bandung akan terus berupaya untuk kembali menstabilkan harga tahu dan tempe. Salah satunya berkirim surat ke pemerintah pusat.

    BACA JUGA: Wali Kota Bandung Ingin Ibu Kota Jabar Tetap

    “Kita berharap, mereka tidak mogok. Karena ini jenis pangan yang menjadi favorit masyarakat. Mungkin nanti kita akan berkirim surat ke pemerintah pusat, dan pihak-pihak berwenang,” ucapnya

    Yana menambahkan, Pemkot Bandung tidak dapat melakukan banyak intervensi. Selain bahan baku tahu dan tempe impor, petani lokal kacang kedelai pun masih terhitung sedikit sekali.

    Diketahui, sejumlah pedagang dan perajin tahu tempe di Kota Bandung telah menaikan harga jual menjelang kenaikan harga tahu dan tempe se Jawa Barat yang akan dilakukan pada Kamis 20 Oktober.

    Salah seorang pedagang tahu dan tempe di Pasar Kosambi Bandung Oki mengatakan, bahwa kenaikan harga tersebut berada di kisaran Rp 500 hingga Rp 1.000 per bungkusnya

    “Yang lain sudah ada yang menaikan harga. Tapi kalau di pabrik yang saya biasa ambil, belum. Tapi itu naiknya juta enggak tinggi, paling satu bungkus ada yang Rp 1.000, ada yang Rp 500 tergantung model tahu nya,” kata Oki.

    Oki pun menyebut, bahwa kenaikan harga juga telah terjadi pada tempe. Kenaikan harga tempa saat ini berada dikisaran Rp 1.000. Namun begitu, kenaikan dibarengi ukuran tempe yang kembali normal.

    “Tapi ini kembali ke ukuran normal. Karena biasanya kalau harganya sudah naik, tempe ukurannya normal. Kemarin waktu belum naik ukurannya kecil. Tahu juga sama kaya gitu,” ucapnya

    Ketua paguyuban perajin tahu tempe Jabar M Zamaludin mengatakan, bahwa kenaikan harga yang nantinya akan dilakukan pada Kamis 20 Oktober 2022 mendatang akan beragam.

    “Karena mogok batal, jadi kita solusinya menaikkan harga tahu tempe. Harga kenaikan pun beragam, mulai dari Rp 500 sampai Rp 1.000 per buah, atau Rp 5.000 per papan,” kata M Zamaludin.

    BACA JUGA: Minimarket di Ciamis Dibobol Maling, Kerugian Mencapai Rp 4 Juta

    M Zamaludin menambahkan, bahwa kenaikan harga tahu dan tempe di Jabar akan dilakukan secara serentak. Namun dia juga tidak menampik, saat ini telah ada beberapa perajin yang menaikkan harga.

    “Karena harga kedelai sekarang Rp 13.300 per kilogram. Jadi, kerugian kita lumayan gede, Rp 200 sampai Rp 300 ribu, tergantung banyaknya produksi. Bahkan ada juga sampai jutaan kerugiannya,” ucapnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img