spot_img
Monday 29 April 2024
spot_img
More

    Wali Kota Bandung Ingin Ibu Kota Jabar Tetap

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Wali Kota Bandung Yana Mulyana berharap ibu kota Jawa Barat tetap berada di wilayah hukum Kota Bandung. Demikian disampaikan Yana menanggapi wacana pemindahan ibu kota Jawa Barat.

    “Wacananya ada tiga opsi. Ibu kota akan pindah ke Tegalluar, Walini, dan Kertajati. Tetapi kita berharap tetap di Kota Bandung. Karena tidak gampang buat saya,” kata Yana Mulyana, Sabtu (15/10/2022).

    Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung saat ini tengah fokus memberikan pelayanan kepada masyarakat. Seperti halnya membantu dampak BBM hingga resesi global.

    BACA JUGA: Rencana Pemindahan Ibu Kota Jabar Belum Jelas

    “Konsentrasi sekarang membantu kesulitan masyarakat yang kena dampak BBM juga resesi global,” kata dia.

    Sementara iru, Direktur Kereta Api Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi menyampaikan, ibu kota Jabar berpotensi dipindahkan ke Tegalluar Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung.

    “Dengan adanya rencana Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Provinsi (Jawa Barat) bahkan pak Gubernur (Ridwan Kamil) menyampaikan ini (Tegalluar) menjadi satu opsi yang besar kemungkinannya untuk menjadi ibu kota provinsi Jawa Barat,” kata Dwiyana.

    BACA JUGA: Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung Semakin Siap Jelang G20

    Diwiyana menambahkan, ada tiga opsi yang berpotensi menggantikan Bandung sebagai ibu kota, yaitu Tegalluar, Kertajati dan Walini. Namun dengan semakin jelasnya pembangunan kereta cepat, maka Tegalluar menjadi opsi yang paling kuat.

    (Yusuf Mugni/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img