spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Rencana Pemindahan Ibu Kota Jabar Belum Jelas

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Rencana pemindahan ibu kota Jawa Barat (Jabar) belum menemui kejelasan sejak digulirkan 2019 silam. Padahal, tiga daerah, yakni Tegalluar (Kabupaten Bandung), Walini (Kabupaten Bandung Barat), dan Rebana (kabupaten Majalengka) sudah muncul sebagai calon ibu kota baru Jabar.

    Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari mengatakan bahwa belum ada pembahasan terkait pemindahan ibu kota Jabar ke daerah manapun.

    BACA JUGA: Wagub Jabar Minta Dishub Perbaiki Pengujian Kendaraan Bermotor

    “Bahkan belum masuk dalam rencana Perda ataupun dalam pembahasan,” kata Ineu di Gedung DPRD Jabar, Bandung, Selasa (16/8/2022).

    DPRD Jabar, kata ineu, kini tengah fokus membahas APBD Tahun 2023 dan mengejar program prioritas gubernur yang menyisakan 11 bulan masa jabatan.

    Ini harus kerja keras, terlebih RPJMD sudah menjadi komitmen bersama yang disetujui.

    Tahun 2019 lalu, Emil menyebut pemindahan Ibu Kota Jabar itu telah mendapatkan persetujuan dari DPRD. Hal itu disampaikan pada rapat paripurna terakhir DPRD periode 2019-2024.

    BACA JUGA: Ridwan Kamil Berhasil Himpun Tanah dan Air untuk Ibu Kota Baru

    “Sudah ada persetujuan (DPRD) wacana (pemindahan) pusat pemerintahan untuk dikaji dulu di beberapa lokasi. Ada di Tegalluar, Walini, atau Rebana,” kata dia, Kamis (29/8/2019).

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img