spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    9 Manfaat Bawang Putih Mentah Bagi Kesehatan Tubuh

    FOKUSJabar.id: Manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh manusia banyak sekali, salah satunya memakan dengan mentah. Manfaat makan bawang putih mentah telah terbukti secara dermatologis dapat mencegah sejumlah gangguan medis mulai dari flu, batuk, dan peradangan.

    Bawang putih sendiri biasanya oleh banyak orang menjadi bahan tambahan untuk bumbu masak agar menyedapkan rasa, membuat aroma masakan lebih enak, sampai meningkatkan selera.

    Manfaat bawang putih ini banyak sekali jika dikonsumsi dengan mentah. Melansir dari kanal YouTube Saddam Ismail.

    Manfaat Bawang Putih Mentah Bagi Kesehatan Tubuh

    1. Menurunkan resiko kanker

    Sejak dulu manfaat bawang putih sudah terkenal dapat menurunkan resiko terkena kanker seperti kanker esofagus (kerongkongan), kanker lambung, kanker usus, kanker pankreas, kanker payudara, sampai kanker prostat.

    Hal tersebut karena bawang putih mengandung sulfur aktif yang bisa mencegah timbulnya sel-sel kanker yang menyebar di dalam tubuh.

    2. Menurunkan kolesterol

    Mengkonsumsi bawang putih mentah satu sampai dua siung kecil per-hari dapat menurunkan kolesterol setelah dua bulan rutin mengkonsumsi. Manfaat ini berdasarkan kandungan allicin yang ada pada bawang putih, namun kandungan ini akan keluar secara optimal pada saat kita tumbuk, iris, dan mengunyah.

    Baca Juga: Terkena Gondongan, Ini Cara Meringankannya

    3. Mengatasi jerawat

    Dalam mengatasi jerawat, penderita dapat mencoba bawang putih sebagai obat alami untuk mengatasinya. Karena bawang putih sendiri bersifat antibakteri, antijamur, antivirus, dan antiseptik. Jadi bisa mengatasi bakteri penyebab timbulnya jerawat, serta dapat meredakan peradangan pada kulit.

    Kandungan nutrisi dalam bawang putih juga tidak kalah penting seperti mengandung vitamin C, vitamin B6, selenium, tembaga, dan seng yang dapat menurunkan minyak berlebih pada kulit wajah.

    4. Mengendalikan tekanan darah

    Penderita darah tinggi ataupun hipertensi bisa mencoba bawang putih untuk membantu mengontrol tekanan darah. Kandungan allicin yang terdapat dari bawang putih mentah. Polisulfida yang terdapat pada bawang putih membantu melebarkan darah agar tekanan darah bisa turun.

    5. Menyehatkan jantung

    Karena manfaat sebelumnya yang bisa menurunkan kolesterol dan bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Hal tersebut membantu menyehatkan jantung dan menurunkan resiko aterosklerosis ataupun penebalan dinding pembuluh darah.

    6. Menjaga kesehatan otak

    Bawang putih juga bisa melindungi sel-sel otak dari penyakit dan efek penuaan sampai penyakit neurologis seperti alzheimer, ataupun demensia.

    Bawang putih mentah mengandung antioksidan yang bagus untuk mencegah masalah jaringan otak, seperti penyakit Alzheimer dan demensia. Penyakit ini bisa disebabkan oleh stres oksidatif dari radikal bebas, sehingga mengkonsumsi antioksidan efektif untuk mencegahnya bertambah parah.

    Baca Juga: 5 Webcam di Bawah 500 Ribu

    7. Mencegah kebotakan

    Jika kamu mempunyai masalah rambut rontok ataupun kebotakan di usia muda kamu juga bisa mencoba bawang putih untuk mengatasinya.

    Dengan mengoleskan bawang putih pada kulit kepala dan rambut bisa membantu menguatkan rambut, dan merangsang pertumbuhan rambut.

    8. Memperkuat tulang

    Selain dengan minum susu dan memakan makanan tinggi kalsium, mengkonsumsi bawang juga bisa memperkuat tulang dan membantu kesehatan tulang.

    Hal ini terjadi karena kandungan flavonoid di dalamnya. Flavonoid dalam bawang putih dapat meningkatkan pembentukan tulang sekaligus memperlambat pengeroposan mineral tulang.

    9. melawan penyakit ISPA

    ISPA ini adalah infeksi saluran pernafasan atas seperti batuk, pilek dan sakit tenggorokan. Karena memiliki sifat antijamur, antivirus, dan antiseptik.

    Dengan mengkonsumsinya secara mentah akan mengoptimalkan nutrisi yang terkandung pada bawang tersebut.

    Dengan menjadikannya bumbu penyedap lalu kita masak bisa menghilangkan sebagian nutrisinya.

    Dalam pemakaiannya harap perhatikan takaran memakannya, makan bawang putih mentah hanya satu sampai 4 siung.

    Karena bawang putih mentah yang dikonsumsi terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan tubuh.

    Jika Anda memiliki gangguan kesehatan seperti asma, tekanan darah rendah, gangguan pencernaan, bisul, tiroid, dan sedang dalam penggunaan obat-obatan sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

    (Edi/Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img