spot_img
Kamis 18 Agustus 2022
spot_img
More

    Ratusan Koperasi Di Ciamis Mati Suri, Ini Penyebabnya

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Plt Sekdis Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kabupaten Ciamis Asep Sulaeman mengatakan, ratusan koperasi di Ciamis tidak aktif karena berbagai hal. 

    Asep mengatakan, koperasi yang aktif sebanyak 357 dari jumlah koperasi yang terdaftar mencapai 630. Sedangkan sebanyak 273 koperasi yang sekarang tidak aktif salah satu masalahnya adalah tidak melakukan pembaharuan kepengurusan. 

    “Rata-rata jajaran pengurusnya sudah tidak ada ditempat karena pindah domisili dan tidak melaksanakan lagi RAT,” ucapnya.

    BACA JUGA: 793 ASN Ciamis Pensiun Tahun Ini, Pemkab Minta Kempan RB Tambah Kuota PPPK

    Kemudian menurutnya, sampai bulan Juli 2022 yang telah melakukan Rapat Akhir Tahunan baru hanya 125 koperasi.

    Asep melanjutkan, untuk mendorong agar koperasi yang aktif maupun tidak aktif untuk kembali berkiprah di tengah masyarakat karena keberadaan koperasi sangat penting pihaknya membantu mereka dengan mengaktivasi administrasi dan usahanya.

    “Kami lakukan pembinaan melalui diklat-diklat maupun secara langsung kepada koperasi itu,” katanya.

    Asep menambahkan,untuk merangsang kembali geliat pemberdayaan koperasi pihaknya menggelar sosialisasi gelar produk pada peringatan hari koperasi beberapa waktu lalu.

    BACA JUGA: Keindahan Alam Ciamis Berpontensi Untuk Dijadikan Kawasan Wisata

    “Kami pun telah menggelar produk-produk hasil dari anggota koperasi bertempat di halaman Dekopinda dan mengadakan jalan sehat dalam upaya mensosialisasikan keberadaan koperasi di tengah masyarakat,” katanya.

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img
    spot_img