spot_img
Rabu 17 Agustus 2022
spot_img
More

    Keindahan Alam Ciamis Berpontensi Untuk Dijadikan Kawasan Wisata

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Keindahan alam di Kabupaten Ciamis memiliki potensi untuk dijadikan wisata, salah satunya di Desa Tanjungsari Kecamatan Sadananya Ciamis Jawa Barat. 

    Lokasi yang tepatnya di Dusun Sukawening di lahan Perum perhutani berada di ketinggian, sangat cocok digunakan untuk wisata alam dengan edukasi. 

    Tokoh masyarakat sekitar Tatang mengatakan, wisata edukasi kawasan tersebut bisa digunakan untuk Camping Ground atau bumi perkemahan, sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana alam pegunungan, namun tidak aksesnya mudah. 

    BACA JUGA: Bupati Ciamis Minta Disdik Larang Siswa Gunakan Sepeda Motor

    “Disekitar lokasi alamnya sangat mendukung karena berdekatan dengan sumber mata air yang jernih serta mengalir tanpa henti walau musim kemarau pun tidak pernah kekurangan air,” kata Tatang.

    Tatang menuturkan, selain akan dijadikan tempat perkemahan bagi para Pramuka atau wisatawan di sekitar lokasi Buper Awi Lega Alam Segar akan ditata pula sebagai lokasi wisata air yang bisa menjadikan daya tarik pengunjung untuk datang ketempat itu.

    “Lokasinya berupa persawahan yang berada dibawah Buper Awi Lega Alam Segar kedepan tinggal membendung saluran air sehingga bisa dijadikan kolam renang atau tempat pemancingan ikan sehingga bisa menarik pengunjung,” ucapnya.

    Tatang mengatakan, selain Buper Awi Lega Alam Segar yang bisa menjadi potensi wisata juga ada Leuwi Pamipiran yang lokasinya tidak jauh dari Buper Awi Lega yang bisa menjadi daya tarik wisatawan yang senang berenang di aliran sungai yang jernih nan alami.

    “Di Leuwi Pamipiran wisatawan bisa sepuasnya berenang di jernihnya air pegunungan nan segar,” kata dia.

    Tatang melanjutkan, selain berwisata alam dan air potensi wisata yang bisa digali di lingkungan Dusun Sukawening juga ada satu tempat bisa dijadikan lokasi wisata Religi karena ditempat tersebut ada tempat bersejarah tempat disemayamkannya penyebar Agama Islam pertama di daerah tersebut.

    BACA JUGA: Kampung Nila Kawali Punya potensi Jadi Kawasan Wisata Edukasi

    “Lokasi yang akan dijadikan tempat wisata Religi yaitu Keramat Eyang Tanjungsari yang berada di pasir Buleud di atas Leuwi Pamipiran,” katanya.

    Sementara itu Kepala Desa Tanjungsari Maman mengaku, akan mendukung rencana masyarakat yang akan menjadikan Dusun Sukawening sebagai salah satu wilayah tujuan wisata alam maupun wisata Religi.

    “Kami dari Pemerintahan Desa akan mendukung sepenuhnya rencana itu dan kami pun akan memberdayakan masyarakat untuk mengelola tempat wisata itu,” katanya. 

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img
    spot_img