spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Kampung Nila Kawali Punya potensi Jadi Kawasan Wisata Edukasi

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Kampung Nila yang berlokasi di Desa Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, memiliki potensi sebagai tujuan wisata. Hal tersebut diungkapkan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT).

    Ketua Pelaksana KKNT IPB, Ade Dimas Permana mengatakan, kampung Nila memiliki tiga aspek yang bisa dikembangkan sebagai objek wisata. Dia memiliki keyakinan jika lokasi tersebut bisa menarik para wisatawan.

    “Trilogi Kampung Nila itu yakni optimalisasi produk olahan, pemberdayaan pemuda dalam budidaya ikan serta Eduwisata. Pemanfaatan usaha perikanan disini bisa menjadi tujuan wisata untuk edukasi. Terutama bagi anak-anak sekolah,” kata Ade Dimas, Selasa (26/7/2022).

    Pada kesempatan tersebut, Ade Dimas beserta reken-rekannya mengajak siswa SD Negeri Kawali untuk berwisata di Kampung Nila. Kegiatan tersebut bertujuan mengedukasi anak-anak sejak dini mengetahui dan menyenangi ikan. Termasuk mengenalkan Kampung Nila.

    “Kita mengedukasi anak-anak agar mereka gemar ikan, sesuai program yang dicanangkan pemerintah,” kata dia.

    BACA JUGA: Potret Buram RS Asih Husada Kota Banjar, Mulai Pembangunan hingga Gaji Buta

    Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, Budi Kurnia berharap mahasiswa IPB yang sedang menjalani KKNT bisa terus bersinergi. Tidak hanya saat menjalankan KKNT saja.

    “Potensi Kampung Nila sangat bagus untuk dijadikan tujuan wisata. Untuk itu, pihak kampus diharapkan bisa ikut mendorongnya dan kalau bisa menjadi bapak asuh,” kata Budi.

    (Husen Maharaja/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img