spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Sambut Tahun Baru Islam Zikir Dan Selawat Bergema Di Masjid Tasikmalaya

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Menyambut tahun baru Islam 1 Muharam 1444 H, zikir dan selawat bergema di masjid-masjid, terutama di wilayah ibu kota Kabupaten Tasikmalaya, Jabar, Jumat (29/7/2022).

    Tak sedikit, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) baik masjid besar kecamatan, masjid jami dan masjid kecil/musola, menggelar tausiah.

    Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya mengimbau kepada seluruh umat Islam untuk memanjatkan doa dan menggemakan selawat serta memeriahkan pergantian tahun baru Islam, dengan tausiah dan pawai obor.

    BACA JUGA: Dampak Pedestrian Tasikmalaya, Pemilik Toko Kehilangan Omset 90 Persen

    Melalui surat edaran (SE) Bupati Tasikmalaya nomor 0025 tahun 2022, tentang himbauan peringatan 1 Muharam 1444 H, Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto mengimbau seluruh pengurus DKM di seluruh kecamatan, menggelar tausiah dan selawatan.

    Di samping itu, Bupati Ade Sugianto juga meminta seluruh jajaran pemerintahan hingga di tingkat desa, menggerakkan masyarakat untuk memeriahkan tahun baru Islam ini dengan pawai obor.

    “Kami mengajak masyarakat, untuk menjadikan pergantian tahun Hijriah ini, sebagai momentum berjamaah untuk mengintrospeksi diri dan melakukan transformasi ke arah kondisi lebih baik,” kata Ade Sugianto, Jumat (29/7/2022).

    Terlebih, kata dia, sebagai umat Islam sejatinya mampu meneladani konsep hijrah Rasulullah SAW.

    “Teladani baginda Rasul yang bukan sekedar perpindahan dari Makkah ke Madinah, namun jauh lebih utama bagi kita adalah manciptakan perubahan ke arah lebih baik, untuk diri sendiri maupun lingkungan,” ujar dia.

    Tahun baru Islam
    Ketua PD DMI Kabupaten Tasikmalaya, Drs. KH. Dede Saeful Anwar, M.Pd

    Bersyukur Niscaya Berkah

    Ketua Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD DMI) Kabupaten Tasikmalaya KH. Dede Saeful Anwar mengaku menyambut baik imbauan pemerintah Kabupaten Tasikmalaya melalui SE Bupati.

    “Kami juga telah menyampaikan kepada seluruh pengurus PC DMI untuk meramaikan malam pergantian baru Islam dengan berzikir di masjid-masjid,” ujarnya.

    Zikir kata KH Dede mengandung makna luas dan terjemahan beragam sesuai anjuran Al Quran dan hadis nabi.

    “Kita syukuri bersama kenikmatan yang telah Allah SWT berikan berupa umur panjang, kesehatan dan kemanan serta kebebasan mensyiarkan Islam. Dengan cara syukur, niscaya kenikmatan akan bertambah dan berkah,” ucapnya.

    BACA JUGA: Target Vaksin Booster Di Kota Bandung Tercapai Agustus

    KH Dede juga mengajak masyarakat untuk meramaikan awal tahun baru Hijriah ini dengan beragam kegiatan positif yang mencerminkan semangat hijrah Rasulullah SAW.

    “Ini momentum kita semua untuk bangkit serta berubah kerah lebih baik, setelah dua tahun berjibaku dengan badai pandemi Covid-19,” ucapnya.

    (Farhan)

    Berita Terbaru

    spot_img