spot_img
Rabu 24 April 2024
spot_img
More

    4 Penyebab Murai Batu Jantan Takut Betina

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Murai Batu (Kucica Hutan) merupakan salah satu burung kicau favorit dan memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Tak heran jika banyak mulai mencoba untuk mengembangbiakannya.

    Meski ternak burung Murai Batu bisa dilakukan oleh siapapun, namun bukan berarti dapat dengan mudah membudidayakannya.

    BACA JUGA: 4 Tips Atasi Murai Batu ‘Cabul’

    Seorang peternak harus sabar dan telaten memahami karakter Kucica Hutan. Tak hanya itu, peternak juga harus bisa mengatasi masalah-masalah yang timbul saat proses penjodohan. Di antaranya, Kucica hutan jantan takut dengan indukan betina.

    Bagi yang sudah lama beternak, mungkin sudah bisa menemukan solusinya. Namun bagi peternak pemula bisa menjadi hambatan.

    BACA JUGA: 6 Cara Pelihara Murai Batu Muda Hutan

    Berikut Penyebab Kucica Hutan Jantan takut Indukan Betina:

    1. Umur jantan masih terlalu muda
    2. Kondisi pejantan belum dalam kondisi birahi
    3. Murai jantan dalam kondisi stres
    4. Murai jantan belum adaptasi dengan kondisi kandang

    Sebelumnya FOKUSJabar mengabarkan, banyak faktor penyebab burung Kucica Hutan mencabuti bulunya sendiri (Cabul). Di antaranya, iritasi pada kulit /bulu, kekurangan gizi, drop mental, emosi berlebih, Over Birahi (OB) dan pola makan yang tidak teratur.

    Makanan yang diberikan kurang nutrisi juga menjadi penyebab Cabul. Selain itu, durasi penjemuran yang terlalu lama akan menyebabkan rusaknya jaringan pada bulu-bulu burung sehingga secara otomatis akan mencabuti bulunya.

    (Bambang Fouristian/berbagai sumber)

    Berita Terbaru

    spot_img