spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Masyarakat Indonesia Belanjakan 2 Juta Miliar Dolar Untuk Gim

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Masyarakat Indonesia membelanjakan 2 miliar dolar untuk gim, namun hanya 2 juta dolar yang dibelanjakan untuk gim lokal.

    Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengatakan, dari belanja gim tersebut cukup kecil yang dibelanjakan untuk gim lokal, atau jika dipresentasikan hanya sekitar 0,1 persen.

    “Akan tetapi merujuk dari analisis (Asosiasi Game Indonesia) ada kabar positifnya terkait peranan gim lokal yakni 70 persen pelaku industri gim Indonesia orientasinya bukan untuk pasar lokal namun untuk ekspor,” kata Oke  seusai membuka acara Festival Gim Indonesia Tahun 2022 di Cihampelas Walk Bandung, Jalan Cihampelas Kota Bandung, Kamis (23/6/2022).

    BACA JUGA: Xiaomi Luncurkan Book S 12,4 Inci Windows 11

    Sehingga yang 30 persen ini yang diserap di lokal. Jadi kalau hitung-hitungan matematikanya, yang 2 juta Dolar Amerika. 70 persen developer di sini ini menjualnya diekspor.

    Menurut Oke, saat ini dukungan yang diberikan bagi pelaku industri gim lokal sudah jauh lebih baik dibandingkan beberapa tahun yang lalu.

    Dukungan spesifik untuk gim lokal, kata dia, saat ini langsung dikoordinasikan di bawah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia.

    “Sekarang gim ada dukungan spesifik dikoordinasikan oleh Kemenko Marves. Untuk bagaimana kita mendorong gim lokal sebagai tuan rumah di negeri sendiri dan merambah ke pasar internasional,” kata dia.

    Selain itu, lanjut Oke, pihaknya juga mendukung terselenggaranya acara untuk mempromosikan gim lokal seperti Festival Gim Indonesia Tahun 2022 di Cihampelas Walk Bandung.

    “Lalu juga salah satunya kita mencoba dengan insert promotion. Inilah perdana kita coba dukungan pemerintah dengan asosiasi. Bagaimana kita bisa supaya masyarakat, khususnya anak-anak tahu gim lokal. Sekarang ada kita coba liburan ini kita coba tampilkan bekerja sama dengan asosiasi pusat perbelanjaan,” kata dia.

    Sementara itu, Ketua Asosiasi Game Indonesia (AGI) Cipto Adiguno berharap industri game lokal bisa jadi industri media digital seperti di luar negeri.

    BACA JUGA: Samsung Kenalkan Sensor Kamera High End ISOCELL HP3 200

    Bahkan jika keberadaan televisi digital, tv streaming berbayar seperti Netflix hingga bioskop jika digabungkan masih kalah besar dibandingkan dengan industri media digital.

    “Ini kan sebenarnya suatu kesempatan besar untuk kita ikut market yang tumbuh ini. Harapan kami dari industri gim yaitu pemerintah ikut mendukung kita untuk mengambil kesempatan ini,” kata Cipto.

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img