spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Daftar Menteri yang Dikabarkan Bakal Direshuffle Jokowi

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) semakin menguat usai beberapa menteri dan sejumlah tokoh politik mulai berdatangan ke Istana pada Selasa (14/6/2022) sore.

    Beberapa menteriyang terlihat datang ke Istana Presiden di antaranya Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, dan Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi.

    Selain itu, tokoh lainnya yang juga tiba di Istana yakni Mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto.

    Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan disebut-sebut bakal menggantikan kursi Menteri ATR/BPN yang diduduki Sofyan Djalil saat ini.

    BACA JUGA: Istana Buka Suara Respon Isu Reshuffle Kabinet Indonesia Maju

    Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Bima Arya mengakui pihaknya telah menyiapkan satu kadernya untuk mengisi posisi menteri yang dikabarkan bakal di-reshuffle oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun, Bima tak menjawab tegas soal siapa yang mengisi posisi menteri tersebut.

    Hanya saja, Bima mengatakan pihaknya telah menyiapkan satu kader untuk mengisi kursi di kabinet.

    “Iya kami mendengar informasi liar bahwa reshuffle kemungkinan akan dilaksanakan. Kami sudah menyiapkan kader tentunya,” kata Bima Arya di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Selasa (14/6/2022).

    Selain Menteri ATR/BPN, terdapat empat menteri lainnya yang disebut-sebut bakal di-reshuffle.

    IDN Times memberitakan, ada Menteri BUMN Erick Thohir yang akan menggantikan Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan.

    Sementara posisi Menteri BUMN sendiri digantikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

    Adapun posisi Menteri Kesehatan digantikan oleh Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono.

    Selain itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo juga dikabarkan bakal di-reshuffle digantikan oleh Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko.

    Perombakan kabinet ini dikabarkan bakal dilakukan pada esok, Rabu 15 Juni 2022.

    Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno, sebelumnya telah buka suara soal isu reshuffle pada 15 Juni 2022. Dia mengatakan, bila sudah waktunya, akan ada bocoran.

    “Nanti kalau sudah ada jadwal bocorin dikit-dikit,” ujar Pratikno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/6/2022).

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img