spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Waspadalah! Ini Beberapa Penyebab Otak Menjadi Lemot

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Otak memiliki peran penting bagi manusia dalam memberikan perintah kepada seluruh anggota tubuhnya. Maka dari itu, jika otak seseorang rusak maka organ tubuh yang lainnya juga akan mengalami masalah.

    Otak yang rusak merupakan bentuk kerusakan organ vital, yang   akan sangat berpengaruh bagi kinerja organ saraf lainnya.

    Ketika anda tiba-tiba  merasa lambat dan lupa terhadap sesuatu yang akan dikerjakan itu menandakan kondisi seperti itu disebabkan oleh kebiasaan buruk yang sering dilakukan, sehingga otaknya mengalami penurunan fungsi dan menjadikan otak lambat berpikir.

    BACA JUGA: 7 Tradisi Unik yang Hanya Ada Saat Ramadan

    Dilansir dari beberapa sumber, berikut kebiasaan-kebiasaan buruk yang membuat otak lemot:

    1 Kurang Tidur

    Memiliki kebiasaan begadang sepanjang malam akan berdampak buruk bagi otak. Biasanya kebiasaan tersebut suka dilakukan oleh anak-anak dibawah usia 25 tahun yang  sudah terbiasa dengan kebiasaan begadang bersama teman-temanya. Alhasil mereka jadi kekurangan waktu untuk tidur.

    Padahal kurang tidur itu dapat berpengaruh terhadap fungsi otak, dan dapat membuat badan lesu dan mudah pikun. Dan yang lebih berbahaya lagi, jika kebiasaan tersebut dilakukan dalam waktu yang lama, sehingga dapat berpotensi buruk bagi kesehatan mentalnya.

    2. Selalu Bergantung Pada Ponsel

    Saat ini ketergantungan orang terhadap ponsel sudah familiar di semua kalangan. Perlu anda ketahui, ketika anda terlalu sering menghabiskan waktu dengan bermain ponsel itu bisa menimbulkan kelemahan daya pikir otak.

    3. Kekurangan Cairan

    Tubuh manusia terdiri dari 70 persen air di dalamnya. Sehingga mengkonsumsi air yang cukup menjadi hal yang wajib dilakukan untuk menjaga kestabilan tubuh, dan termasuk juga menjaga fungsi otak.

    BACA JUGA: Snapdragon 8 Gen 1 Jadi Otak Galaxy S22 Series 5G

    Tubuh yang mengalami kurang cairan akan mengalami dehidrasi dan fungsi otaknya akan menjadi kurang baik.

    4. Memaksakan Diri Untuk Multitasking

    Terkadang anda dipaksa keadaan harus melakukan beberapa pekerjaan sekaligus, atau bisa disebut multitasking. Akan tetapi jika  multitasking ini terus dilakukan, bisa menjadi penyebab otak anda lambat berpikir. Karena setiap kali melakukan hal tersebut, otak akan bekerja 2 kali lebih banyak yang akan menyebabkan otak kelelahan.

    (Diana Yususuf)

    Berita Terbaru

    spot_img