spot_img
Senin 24 Juni 2024
spot_img
More

    6 Keutamaan Tadarus Al-Qur’an di Bulan Ramadan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pada bulan ramadan orang muslim sangat dianjurkan untuk banyak tadarus Al-Qur’an sebagai bentuk amal ibadah yang pahalanya banyak sekali bagi yang menjalankanya.

    Tadarus Al-Quran merupakan salah satu ibadah ataupun amal yang sangat baik dikerjakan ketika bulan Ramadan.

    Perihal tadarus Al-Quran tentunya anda  pernah melihat atau bahkan mengalaminya pada saat bulan Ramadan.

    Biasanya umat muslim bersama-sama membaca Al-Quran (tadarus) di masjid setelah mengerjakan salat tarawih, dan setelah salat subuh.

    BACA JUGA: Partai Demokrat Gelar Tadarusan Virtual

    Kemudian di waktu yang lain juga mereka bertadarusnya di rumah masing-masing. Tadarus ini tentu menjadi ladang pahala yang sangat besar dan akan memperoleh ganjaran yang besar pula dari Allah SWT.

    Nabi Muhammad SAW mengungkapkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Abu Umamah: “Hendaklah kalian membaca Al-Qur’an karena ia nanti akan datang sebagai pemberi syafaat bagi pembacanya pada hari Kiamat,” (H.R. Bukhari dan Muslim).

    Dilansir dari beberapa sumber. Tadarus pada bulan Ramadhan akan memperoleh empat keutamaan, yaitu:

    1. Tadarus dapat menjadikan hati orang tenang

    Siapa Saja yang suka bertadarus pada bulan Ramadhan akan diberi ketenangan hati oleh Allah SWT, sebagaimana yang diungkapkan dalam sebuah hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan Abu Hurairah, berikut: “Tidaklah berkumpul suatu kaum dalam baitullah [masjid] untuk membaca kitab Allah dan mempelajarinya, melainkan pasti turun pasti turun kepada mereka ketenangan, diliputi rahmat, dikerumuni malaikat dan diingat Allah di depan makhluk yang sisi-Nya,” (H.R. Muslim).

    2. Akan Mendapatkan rahmat yang melimpah dari Allah SWT

    Orang yang membaca Al-Quran akan mendapatkan rahmat yang melimpah dari Allah SWT. Kehidupan mereka diberi kecukupan dan diberikan berkah di dunia dan akhirat, sesuai dengan firman Allah dalam Al-Quran berikut: “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat serta menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka [baik secara] diam-diam maupun terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi,” (QS. Fathir 29)

    3. Akan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT melalui para malaikatnya.

    Ketika seseorang sedang melakukan tadarus Al-Quran, orang tersebut akan memperoleh perlindungan malaikat, sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW: “Orang yang mahir dalam membaca Al-Qur’an akan bersama para malaikat yang mulia dan selalu berbuat baik, sedangkan orang yang membaca Al-Qur’an dalam keadaan terbata-bata dan dia kesulitan dalam membaca, maka baginya dua pahala,” (H.R. Bukhari dan Muslim).

    4. Mendapatkan peningkatan derajat di sisi Allah SWT.

    Orang yang bertadarus Al-Qur’an pada Ramadhan akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT, sesuai sabda Rasulullah SAW: “Allah mengangkat derajat beberapa kaum melalui kitab ini (Al-Quran) dan Dia merendahkan beberapa kaum lainnya melalui kitab ini pula,” (H.R. Muslim).

    5. Dapat mendekatkan diri kepada Allah melalui Al-Qur’an

    Selain itu, tadarus Alquran di bulan suci Ramadhan juga membuat seseorang semakin dekat dirinya kepada Al-Quran dan Allah SWT. Kesempatan mendekatkan diri ini tentu saja tidak selalu didapatkan pada hari-hari biasanya.

    BACA JUGA: Waspadalah! Ini Beberapa Penyebab Otak Menjadi Lemot

    6. Bisa membuat pikiran menjadi lebih positif

    Supaya bisa selalu berpikir positif bukan suatu hal yang mudah dilakukan. Apalagi menahan emosi ketika banyak masalah saat berpuasa, yang cenderung untuk berpikiran negatif. Maka dari itu antisipasi lah dengan membaca Al-Qur’an yang dapat memberikan pengaruh yang baik untuk keadaan psikologis pembacanya.

    (Diana Yusuf/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img