spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Komisi I: Aset Pemprov Berpotensi Tingkatkan PAD Jabar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: DPRD Provinsi Jawa Barat meminta Pemprov Jabar segera memperbaiki tata kelola aset.

    Sekretaris Komisi I DPRD Jabar Sadar Muslihat mendesak Pemprov Jabar memperbaiki tata kelola aset sesuai dengan perubahan wewenang dalam UU no 23/2014 tentang Pemerintah Daerah. Perubahan wewenang itu berdampak pada pertambahan dan berkurangnya aset milik Pemprov Jabar.

    “Pertama, inventarisasi aset Jabar harus terus diperbaharui agar mengurangi aset provinsi yang belum terdata. Juga harus dilakukan pengkalsifikasian aset yang terdata, sehingga masalah aset bisa diminimalisasi agar tidak menumpuk,” kata Sadar di kawasan Hutan Konservasi Cikanyere, Cianjur, Rabu (2/2/2022).

    BACA JUGA: Komisi 1 DPRD Jabar Dukung Program TV Desa

    Tidak terkecuali di wilayah Hutan Konservasi Cikanyere Kabupaten Cianjur yang lahannya digarap pihak lain. Selama memiliki batasan waktu dan kerja sama yang jelas tentu tidak akan menimbulkan permasalahan dikemudian hari.

    Tetapi secara keseluruhan, harus ada pengamanan aset baik dari segi sertifikasi maupun penguasaan fisiknya harus dikelola dan terorganisasi dengan baik. Terkait penurunan pendapatan, aset memiliki potensi untuk mendatangkan PAD bagi Jabar dan ini yang menjadi konsen komisi saat ini.

    “Pemanfaatan Cikanyere ini agar dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata di daerah Cianjur tanpa melupakan fungsi konservasinya,” kata dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img