spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Komunitas Roundnet Sukses Gelar Munas Perdana, Genta Fajar Jadi Ketua Umum PORSI

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Komunitas olahraga Roundnet Indonesia mencatatkan sejarah baru usai berhasil mendirikan organisasi bernama Persatuan Olahraga Roundnet Seluruh Indonesia (PORSI) pada pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) Roundnet Indonesia Pertama di sekretariat Askab PSSI Kabupaten Bandung, komplek olahraga si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (18/12/2021). Dalam munas tersebut pun terpilih Genta Fajar Heriawan sebagai Ketua Umum PORSI pertama masa bakti 2021-2025.

    Ketua Pelaksana Munas Roundnet Indonesia Pertama, Denny Rahmat Ramdhani mengatakan, munas perdana ini memiliki beberapa agenda penting. Diantaranya penetapan AD ART, penetapan Nama Organisasi serta Pemilihan Ketua Umum Nasional periode 2021-2025.

    “Munas pertama ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dispora Jabar Andri Heryanto dan dihadiri juga Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Barat Iip Hidajat, anggota Komisi D DPRD Kota Bandung Rendiana Awangga, Ketua KONI Kabupaten Bandung Herda M. Ghani, perwakilan KORMI Kabupaten Bandung, hingga beberapa pejabat lain. Ini membuktikan jika olahraga ini sudah mulai dikenal dan diterima,” kata Denny.

    BACA JUGA: 330 Petenis Berlaga di Turnamen Seneca Indonesia Fiks Sportama Junior Tennis Open 2021

    fokusjabar.id munas roundnet indonesia
    Sebagian klub pendiri organisasi Roundnet Indonesia, PORSI. (FOTO: Istimewa)

    Pada gelaran munas pertama ini, lanjut Denny, yang menjadi peserta merupakan klub-klub olahraga Roundnet ditambah empat kepengurusan provinsi Roundnet Indonesia. Perkumpulan olahraga roundnet yang berjumlah 10 klub tersebut pun ditetapkan sebagai klub pendiri PORSI.

    Yakni Blastball Bandung, Rovers Bandung, Robin Bandung, Eastside Bandung, Roundnet Padalarang, Roundnet Soreang, Roundnet Cirebon, Roundnet Bogor, Roundnet Jakarta Barat, dan UMM Roundnet Malang. Sedangkan keempat pengprov yakni Jabar, DKI Jakarta, Jatim, dan Bali.

    “Jadi untuk jumlah peserta dari perwakilan 10 klub dan empat pengprov. Mereka yang menjadi voters dan ikut menyusun hingga membentuk PORSI,” Denny menuturkan.

    Selain penetapan AD/ART organisasi serta penetapan nama organisasi yakni PORSI, lanjut Denny, dilakukan pula pemilihan Ketua Umum PORSI pertama untuk periode 2021-2025. Untuk calonnya, muncul satu nama yakni Genta Fajar Heriawan yang juga dikenal sebagai pelopor olahraga roundnet di Indonesia dan dijuluki Baron atau Bapak Roundnet.

    “Genta Fajar pun terpilih secara aklamasi sebagai ketua umum pertama PORSI,” kata dia.

    fokusjabar.id munas roundnet indonesia
    Genta Fajar terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum PORSI pertama masa bakti 2021-2025. (FOTO: Istimewa)

    Usai terpilih sebagai ketua umum, Genta Fajar mengatakan akan secepatnya menyusun kepengurusan PORSI masa bakti 2021-2025. Selain itu, pihaknya secara marathon akan terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan dinas dan instansi terkait. Mulai dari Kemenpora, Dispora provinsi, KONI hingga KORMI.

    “Kita punya cita-cita sejak awal olahraga ini dikenalkan yakni memiliki organisasi yang resmi terdaftar di pemerintah, lalu olahraganya makin populer dan bisa hadir dipertandingkan di ajang PON,” kata Genta.

    Dalam mencapai cita-cita tersebut, lanjut Genta, sudah disusun dalam visi misi. Yakni menjadikan PORSI organisasi olahraga yang lebih baik dengan cita-cita bersama menciptakan industri olahraga Roundnet menjadi lebih besar dan bermanfaat bagi banyak orang di Indonesia.

    “Target terdekat, kita ingin berpartisipasi dengan mengirimkan timnas dalam kejuaraan dunia roundnet pertama yakni World Roundnet Championship di Belgia pada September 2022. Untuk target menengah kita ingin menjadikan olahraga ini populer di masyarakat dan masuk ke sekolah-sekolah sebagai ekskul.
    Dan target jangka panjangnya, bisa dipertandingkan pada PON XXI tahun 2024 minimal sebagai olahraga eksebisi,” Genta menuturkan.

    BACA JUGA: Ditengah Isu Varian Omicron, Aktivas Warga Banjar Sudah Terlihat Normal

    Beberapa program besar, kata Genta, sudah dipersiapkan untuk mewujudkan cita-cita organisasi. Salah satunya dengan mendirikan kepengurusan provinsi PORSI.

    “Saat ini kita baru memiliki empat pengprov dan dalam satu tahun kedepan kita targetkan menambah 10 pengprov lagi. Karena untuk bisa diakui sebagai anggota KONI itu minimal harus memiliki 10 kepengurusan provinsi,” kata dia.

    Seiring dengan rencana tersebut, Genta mengatakan akan terus meningkatkan proses pembinaan atlet. Hal ini sebagai salah satu upaya untuk menyusun komposisi tim nasional sebagai persiapan menuju kejuaraan dunia.

    “Yang terdekat, akan digelar Kejuaraan Piala Gubernur Jabar dengan level nasional pada tahun depan. Dari sana kita akan lihat potensi atlet untuk diseleksi lalu dibentuk timnas dan melakukan training camp. Sehingga kita berangkatkan timnas yang bisa membanggakan Indonesia di kejuaraan dunia,” kata Genta.

    fokusjabar.id munas roundnet indonesia
    Ketua Umum KONI Kabupaten Bandung, Herda M Ghani. (FOTO: Istimewa)

    Ketua KONI Kabupaten Bandung, Herda M Ghani mengapresiasi pelaksanaan Munas Roundnet Indonesia Pertama yang digelar di komplek stadion si Jalak Harupat. Pihaknya akan terus memberi dukungan penuh bagi perkembangan olahraga asal Amerika Serikat ini di Kabupaten Bandung.

    “Roundnet ini sudah sangat layak untuk bisa diterima sebagai anggota KONI dan kami sangat mendukung. Tinggal bagaimana para pegiat olahraga ini memenuhi persyaratan untuk bisa masuk sebagai anggota KONI sehingga bisa dipertandingkan di berbagai ajang multieven daerah maupun nasional,” kata Herda.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img