spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Dinkes Kota Bandung Minta Masyarakat Waspada COVID-19 Varian Baru

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengimbau warga kota Bandung selalu waspada terhadap varian baru COVID-19 Omicron. Meski pun, belum terdeteksi di Kota Bandung.

    “Tentu kita waspada varian baru COVID-19 dari Afrika ini. Tetapi di Kota Bandung, belum ditemukan,” kata Ahyani di Kota Bandung Jabar Senin (29/11/2021).

    Menurutnya, salah satu upaya yang harus dilakukan masyarakat dalam mencegah tertularnya COVID-19 Omicron yaitu tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes).

    “Antisipasi varian lain di tingkat kota, dengan prokes. Setiap aktifitas terutama gunakan  masker baik dan benar, dan batasi mobilitas. Kita juga melakukan survelians untuk memetakan penyebaran,” kata dia.

    BACA JUGA: Masyarakat Tanjungjaya Tasikmalaya Tuntut Pemerintah Turun

    Oleh karna itu, pihaknya pun terus melakukan surveilans dan analisis data untuk mengetahui kondisi penyebaran dan vaksinasi COVID-19. Saat ini kondisi penyebaran COVID-19 terbilang melandai di Kota Bandung.

    “Alhamdulillah agar semua sabar dan waspada kita masih pandemi. Penyebaran kasus COVID-19 aktif di Kota Bandung saat ini berada di bawah angka 100 atau tepatnya di angka 50an,” kata dia

    Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, saat ini dunia dan Indonesia sudah jauh lebih cepat dan lebih canggih mengidentifikasi varian-varian baru.

    Mutasi varian COVID-19 Omicron ini sangat cepat, karena mutasinya sangat banyak dan mutasi-mutasi yang berbahaya dari varian-varian sebelumnya ada di varian Omicron.

    BACA JUGA: Dampak Demo Buruh, Akses Keluar Tol Pasteur Kota Bandung Ditutup Sementara

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

     

    Berita Terbaru

    spot_img