spot_img
Jumat 26 November 2021
spot_img
spot_img

7 Cara Kirim Ucapan Selamat Kepada Doi Melalui QR Code

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Bingung kirim ucapan selamat di hari spesial buat doi? Diucapin langsung mungkin sudah biasa, kirim ucapan lewat pesan singkat juga sudah biasa.

Jika mau mencoba hal yang gak biasa saat kirim ucapan dihari spesial kepada doi? Gampang banget.

Di zaman yang serba digital ini sekarang kita bisa kirim ucapan selamat atau kirim ucapan romantis kepada doi melalui QR Code loh.

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai bagaimana cara membuat ucapan kepada doi melalui QR Code alangkah lebih baiknya kita memahami apa itu QR Code?

BACA JUGA: Samsung Galaxy Z Flip3 5G Masuk “The 100 Best Invention of 2021” Time Magazine

Mengutip dari Wikipedia, Kode QR/Kode RC (kode Respon Cepat) atau biasa dikenal dengan istilah QR code(Kode RC) adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. 

Biasanya QR Code berbentuk persegi yang berwarna hitam dan memiliki bentuk layaknya barcode tetapi QR Code memiliki tampilan yang lebih sederhana.

Di dalam QR Code sendiri terdapat beragam informasi dari mulai teks, alamat URL dan Nomer telepon.

Mungkin kita sering menemukan QR Code di sebuah produk makanan, barang bahkan disaat pandemi ini kita diwajibkan melakukan scan QR Code melalui aplikasi pedulilindungi sebelum memasuki mall.

Selain itu biasanya QR Code juga terdapat di dalam CV, di kartu nama untuk memberikan informasi tambahan dari seseorang.

Nah, selain untuk digunakan untuk keperluan diatas, kita juga bisa menggunakan QR Code untuk mengirim ucapan selamat atau ucapan romantis di hari spesial kepada doi, kepada keluarga, saudara atau mungkin sahabat kita.

Lalu bagaimana cara kirim ucapan selamat atau ucapan romantis kepada doi melalui QR Code?

Simak berikut ini caranya seperti yang telah dilansir dari berbagai sumber:

  1. Buka google chrome di ponsel ataupun di PC lalu di halaman pencarian ketik http://goqr.me/.
  2. Setelah di klik maka kita akan dibawa ke halaman utama situs tersebut lalu setelah itu pilih konten yang akan dibuat menggunakan QR Code. Jika kita akan membuat ucapan selamat melalui QR Code, kita langsung kilk saja ‘Type Text’.
  3. Selanjutnya kita tinggal mengisi/menulis ucapan selamat atau ucapan romantis yang akan disampaikan kepada doi atau orang lain di kolom yang sudah disediakan.
  4. Setelah kata-kata ucapan selamat tersebut selesai ditulis, selanjutnya kita klik ‘Download’ untuk mengunduh kata-kata yang secara otomatis berubah menjadi QR Code.
  5. Setelah klik download maka kita akan digiring untuk mengisi tipe dokumen dan ukuran QR Code yang akan kita kirim nantinya.
  6. Sebaiknya kita memilih tipe dokumen JPG yaa agar mudah dibagikan untuk memilih tipe dokumen JPG kita bisa klik ‘Download QR Code JPG’.
  7. Setelah selesai di download, maka secara otomatis ucapan selamat yang telah kamu buat tadi akan tersimpan di galeri dalam bentuk QR Code.

Nah jika sudah kita tinggal kirim deh ucapan selamat berentuk QR Code tersebut ke doi, ke keluarga atau ke sahabat kita.

Catatan: jika doi kita menggunakan Handphone Android maka doi harus mendownload terlebih dahulu aplikasi pembaca QR Code agar bisa membaca teks yang sudah kita tulis. Tenang aplikasinya sudah banyak tersedia kok di Playstore. 

Jadi diusahakan yaa doi nya disuruh dulu download aplikasi pembaca QR Code.

Tapi jika doi menggunakan IOS, doi bisa langsung membaca QR Code tersebut melalui kamera Handphone.

Itulah cara membuat ucapan selamat atau membuat kata romantis kepada doi melalui QR Code, sangat mudah dan pastinya gratis! Ayoo segera dicoba.

(Fauza/Bambang)

Artikel Lainnya

spot_img
spot_img