spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Demokrat Bersyukur Gugatan Moeldoko ke PTUN Ditolak

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) menolak permohonan gugatan yang diajukan oleh KSP Moeldoko dan Jhonny Allen Marbun (JAM) terkait AD/RT Partai Demokrat (PD) kepada Menteri Hukum dan HAM (Menkumham).

    Penolakan gugatan tersebut tertuang di laman resmi Mahkamah Agung (MA) dengan nomor perkara 150/G/2021/PTUN-JKT, Selasa (23/11/2021).

    “Partai berlambang Mercy bersyukur dan mengapresiasi Majelis Hakim PTUN yang telah menunjukkan integritas, bersikap obyektif dan adil dengan menolak gugatan Moeldoko. Putusan  Majelis Hakim sudah tepat secara hukum, dan diambil  dengan pertimbangan yang teliti, mendalam, dan menyeluruh,” kata  Kuasa Hukum DPP PD, Hamdan Zoelva, Selasa (23/11/2021).

    BACA JUGA: MTQ Ke-44 Ciamis Dibuka, 806 Peserta Ikuti 23 Cabang Lomba

    Majelis Hukum menolak gugatan KSP Moeldoko dan JAM karena PTUN tidak mempunyai kewenangan untuk mengadili perkara ini sebab perkara ini menyangkut internal parpol.

    Menurut Hamdan, putusan PTUN tersebut sekaligus mengkonfirmasi bahwa keputusan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) yang menolak pengesahan hasil Kongres Luar Biasa (KLB) illegal Deli Serdang sudah tepat secara hukum.

    Putusan itu juga makin membenarkan bahwa Agus Harimurti Yudhoyono, yang terpilih dalam Kongres V PD 2020, merupakan Ketua Umum Partai Demokrat yang sah dan diakui oleh Negara.

    Lanjut Hamdan, setelah gugatan KSP Moeldoko ditolak PTUN, PD tengah berkonsentrasi menghadapi gugatan pendukung KSP Moeldoko yang menuntut membatalkan dua SK Menkumham terkait hasil Kongres V tahun 2020. Gugatan ini tercatat dengan nomor perkara 154/G/2021/PTUN-JKT di PTUN Jakarta.

    “Kami berharap putusan PTUN ini, dan sebelumnya penolakan Mahkamah Agung atas Uji Materiil Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PD bisa menjadi rujukan bagi Majelis Hakim untuk memutuskan perkara No. 154 yang tengah melaju dalam proses hukum serupa di PTUN Jakarta,” kata Hamdan.

    BACA JUGA: Partai Demokrat Ciamis Bantu Pemerintah Kejar Target Vaksinasi

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img