spot_img
Rabu 8 Mei 2024
spot_img
More

    Dinas PUPRP Ciamis Pantau Progres Pembangunan di Jalur Utara

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Dinas PUPRP Kabupaten Ciamis melakukan monitoring long trip ke sejumlah titik pembangunan, Rabu (29/9/2021). Kecamatan Rancah dan Panawangan menjadi titik monitoring pembangunan jalan hotmix, jembatan dan irigasi.

    Pengerjaan jalan hotmix dilakukan di jalur Jalan Cipicung, Kecamatan Rancah sepanjang 10,6 km. Lalu peningkatan jalan hotmix di jalur Bojong Gedang-Cilengsir, Kecamatan Rancah, sepanjang 8,6 km.

    Monitoring dilanjut ke pembangunan jembatan penghubung antara Desa Nagarajati dan Nagarajaya di Kecamatan Panawangan yang merupakan akses penghubung Kabupaten Ciamis ke Kabupaten Kuningan.

    Monitoring dilanjutkan menuju lokasi hasil pengerjaan peningkatan pembangunan SPAM di Dusun Lebak Jero, Desa Nagarapageh, Kecamatan Panawangan. Saat ini, fasilitas tersebut sudah dapat dinikmati masyarakat setempat.

    BACA JUGA: Pohon Pisang Bertandan 3 Hebohkan Warga Cimaragas Ciamis

    Kadus Lebak Jero Desa Panawangan, Nanang Sudiana mengaku, setelah pembangunan SPAM masyarakat dapat pasokan air minum yang stabil. Meski masih sedikit mendapat kesulitan ketika musim kemarau.

    “SPAM ini bersumber dari mata air dan telah memasok air ke sekitar 5 kepala keluarga di wilayah Dusun Lebak Jero,” kata Nanang.

    Usai meninjau SPAM, Kepala Dinas PUPRP Ciamis beserta jajaran melakukan peninjauan di lokasi peningkatan Bendungan Jagabaya di Dusun Cigobang, Desa Panawangan.

    Di lokasi tersebut, terdapat tiga pengerjaan pembangunan. Yakni pengembangan bendungan, pembangunan jalur infeksi dan rumah jaga.

    Kepala Bidang Irigasi Dinas PUPRP Ciamis, Nono menjelaskan, jalur irigasi dari bendungan Jagabaya ini mengaliri sekitar 546 hektare sawah masyarakat.

    “Ada sekitar 15  rumah jaga saluran Irigasi se-kabupaten. Salah satunya di saluran irigasi dari Bendungan Jagabaya ini. Kita harap produksi pertanian masyarakat dapat meningkat dengan managemen irigasi yang baik,” kata Nono, Kamis (30/9/2021).

    BACA JUGA: Tips Kalangan Remaja Terhindar Narkoba

    Kepala Dinas PUPRP Ciamis, Andang Firman mengatakan, monitoring long trip jalur utara dilaksanakan sebagai upaya mengontrol dan percepatan pembangunan infrastruktur.

    FOKUSJabar.id Ciamis
    Dinas PUPRP Kabupaten Ciamis melakukan monitoring long trip ke sejumlah titik pembangunan. (Foto: Riza)

    Andang menuturkan, paket pekerjaan PU untuk tahun 2021 ada sekitar 44 kegiatan. Salah satu yang paling panjang yakni pekerjaan di wilayah Panawangan. Salah satunya pembangunan jembatan penghubung antara Desa Nagarajati dan Nagarajaya.

    “Kita harap dengan kehadiran dari pihak dinas dapat memotivasi para pekerja dan pengawas,” kata dia.

    (Riza M Irfansyah/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img