spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Bola Tangan Jabar Siap Cetak Sejarah di PON XX

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Bola tangan merupakan salah satu cabang olahraga yang pertama kali resmi dipertandingkan di ajang PON XX tahun 2021 di Papua. Jawa Barat pun bertekad mencatatkan sejarah sebagai provinsi yang meraih medali emas pertama di cabang olahraga bola tangan PON.

    Pelatih kepala tim bola tangan Jabar, Irfan Benizar Lesmana mengatakan, dipertandingkannya bola tangan sebagai cabang olahraga resmi di ajang PON merupakan penantian yang cukup panjang. Pasalnya, Jabar menjadi salah satu provinsi yang secara intens mengembangkan cabang olahraga beregu yang sudah populer di Eropa ini.

    “Kami sangat bersyukur, bola tangan menjadi olahraga resmi yang dipertandingan di PON XX. Sebelumnya pada PON XIX tahun 2016 di Jawa Barat, baru sebatas eksebisi,” kata pelatih yang akrab disapa Beni saat ditemui di sela-sela latihan tim bola tangan Jabar, Senin (6/9/2021).

    Untuk persiapan tim bola tangan menghadapi PON XX/2021, diakui Beni, sudah dilakukan sejak tahun 2020. Mulai dari proses pemilihan atlet, promosi degradasi, hingga pelaksanaan program latihan.

    “Hingga saat ini, kita sudah memilih komposisi atlet inti. Baik di putra maupun putri,” dia menambahkan.

    Dalam pelaksanaan latihan, berbagai kendala pun dihadapi. Salah satunya dalam merekayasa pelaksanaan latihan di tengan kondisi pandemi Covid-19.

    “Beberapa atlet kita pun sempat terpapar Covid-19 sehingga latihan tidak bisa dilakukan maksimal. Termasuk kesulitan mendapatkan tempat latihan hingga lawan latih tanding,” kata dia.

    BACA JUGA: Latihan Sempat Terkendala, Layar Jabar Siap Tampil di PON XX

    Meski demikian, Beni mengatakan jika semangat dan tekad para atlet, tim pelatih, ofisial tim, hingga kepengurusan ABTI Jabar untuk mencetak sejarah di gelaran PON pertama cabang olahraga bola tangan tidak surut. Hal itu membuat kendala-kendala dalam pelaksanaan latihan pun bisa ditangani.

    “Saat ini, persiapan atlet sudah cukup maksimal. Kita siap tampil dan menorehkan sejarah di PON pertama cabang olahraga bola tangan di Papua. Semoga apa yang kita cita-citakan tercapai dan Jabar Juara bisa diraih. Kami mohon dukungan dan doa dari seluruh warga Jabar,” kata dia.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img