spot_img
Minggu 21 April 2024
spot_img
More

    6 Penyebab dan Cara Atasi Burung Kerap Mengangkat Kaki

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pernahkah Anda melihat burung berdiri dengan satu kaki? Salah satu permasalah umum yang kerap kali ditemukan pada jenis Murai Batu.

    Tapi sebenarnya ada beberapa spesies yang dalam kondisi normal pun kerap mengangkat salah satu kakinya, terutama dilakukan ketika sedang bersantai atau untuk tujuan mengatur suhu panas di dalam tubuhnya.

    Dan umumnya perilaku tersebut paling sering ditemukan pada spesies punglor seperti Anis Merah atau Anis Kembang.

    Namun, jika sebelumnya jarang mengangkat kaki, dan tiba-tiba menjadi sering berperilaku demikian, tentu ada masalah yang sedang dialaminya. 

    burung fokusjabar.id
    Murai batu (foto web)

    BACA JUGA: 11 Fakta Menarik Pelihara Burung Kutilang

    Murai Batu yang sering angkat kaki sebelah memang permasalahan yang pelik. Penyebabnya berbeda-beda. Semua itu tergantung perawatan yang dilakukan oleh pemiliknya.

    Sedangkan jika masalah kaki yang diangkat ini terjadi pada yang sebelumnya tidak pernah menunjukkan tanda-tanda tersebut, maka kemungkinan besar telah terjadi sesuatu yang menimpanya.

    Berikut penyebab selalu mengangkat kakinya:

    1. Gangguan Pembuluh Darah

    Selain dari masalah eksternal, masalah yang cukup pelik adalah ketika kaki binatang ini mengalami bengkak pada pembuluh darahnya.

    Pembuluh darah yang bengkak ini jika dibiarkan bisa menjadi masalah yang cukup serius bagi kesehatan dan juga kelangsungan hidupnya.

    1. Kaki Terluka

    Jika mengalami masalah ini, akan sering mengangkat salah satu kakinya yang terluka dan enggan menggunakannya untuk berdiri atau mencengkeram tenggeran.

    Disamping itu, ketika mengangkat kakinya yang luka itu dan menyembunyikannya dalam bulu-bulu mereka yang hangat. Hal itu adalah sebuah proses penyembuhan yang dilakukan secara alami.

    Namun hal tersebut biasanya hanya efektif pada spesies yang hidup liar. Sedangkan pada hewan peliharaan, maka dibutuhkan bantuan perawatnya.

    burung fokusjabar.id
    Murai Batu (foto web)

    Caranya:

    Periksa seberapa parah luka yang dialaminya. Lalu berikan pengobatan yang tepat dengan mengoleskan cairan antiseptik di sekitar luka untuk mencegah infeksi serta berikan pakan yang penuh gizi dan vitamin untuk mendukung kesembuhannya.

    1. Kaki Kejang

    Penyebabnya sendiri sebagian besar adalah dikarenakan burung yang kekurangan nutrisi, termasuk akibat defisiensi thiamin.

    Untuk mengatasi masalah tersebut, berikan vitamin tambahan (B-kompleks) yang bisa didapatkan dalam multivitamin untuk pertumbuhan anak bisa menjadi solusi yang tepat mengatasi masalah tersebut.

    Pada saat penyembuhan, tenggeran burung sebaiknya berada dalam posisi rendah (dekat dengan dasar sangkarnya yang sudah dilengkapi dengan karpet).

    1. Bengkak karena Penyakit

    Masalah penyakit akibat infeksi bakteri pun bisa menjadi penyebab burung sering mengangkat kakinya. Salah satu yang cukup sering menimpa burung dari jenis kenari adalah kaki bubulan atau bumble foot.

    1. Bengkak karena Digigit Serangga

    Salah satu manfat pengkerodongan sangkar, selain menjaga dari hembusan angin atau suhu dingin, adalah mencegah kemunculan serangga yang berpotensi kurang baik dan bisa mengancam kondisi burung.

    Tanpa kita sadari, nyamuk yang datang berkunjung ketika burung sedang tertidur bisa sebabkan kaki burung menjadi bengkak akibat gigitannya.

    Mengatasi kaki yang bengkak akibat gigitan nyamuk bisa dilakukan dengan mengoleskan minyak atau salep pada bagian kaki yang bengkak.

    Selain itu membiasakan untuk memberi kerodong pada sangkarnya ketika burung akan beristirahat bisa menjadi salah satu bentuk pencegahan yang cukup bermanfaat.

    1. Kelelahan

    Jadi ketika sering menunjukan prilaku mengangkat kaki sebelah itu salah satunya karena kelelahan karena si pemiliknya terlalu memaksakan untuk dijemur tanpa memperhatikan istirahatnya.

    Cara mengatasinya, diistirahatkan total. Artinya diminimalisir agar tidak banyak untuk melakukan gerakan aktif. Jadi hariannya di full krodong longgar dan posisi kandang ditempatkan di tempat yang bersirkulasi udara sejuk dan nyaman.

    Jangan dijemur dulu, cukup berikan mandi 2 hari sekali saja, waktunya pemberian jangkrik pagi 5 sore 5 dan berikan perutnya saja, ingat kepala dan kakinya jangkrik harus dibuang agar mudah dicerna.

    burung fokusjabar.id
    (foto web)

    Berikan juga kroto segar seminggu dua kali dengan takaran disesuaikan karakternya. Saat pemberiannya setelah mandi serta berikan vitamin seminggu dua kali merk apa saja yang bisa dipercaya menambah asupan vitamin untuk di kacernya.

    Lakukan perawatan seperti itu Sampai membaik waktunya sampai burung ini terpantau tidak mengangkat kakinya lagi dan lebih lincah untuk bergerak dan beraktivitas di dalam kandangnya. Semoga Bermanfaat.

    (Bambang Fouristian/berbagai sumber)

    Berita Terbaru

    spot_img