spot_img
Kamis 23 September 2021
spot_img
spot_img

Tim Bola Voli Indoor PON XX Jabar Batal ke Jepang

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kesulitan menjalani uji tanding di masa persiapan PON XX, menjadi kendala yang dihadapi hampir semua cabang olahraga di semua provinsi peserta. Termasuk di tim bola voli indoor putri Jabar.

Sebagai juara bertahan PON, tim bola voli indoor putri merupakan unggulan kontingen PON XX Jabar. Bahkan diatas kertas, tim bola voli indoor putri Jabar unggul dibanding provinsi peserta lain.

“Kalau secara persiapan tim dari sisi teknik maupun fisik, kita sudah lakukan sejak dua tahun silam. Tinggal bagaimana kita mencari solusi untuk mengasah kerjasama tim dalam sebuah pertandingan. Itu menjadi kesulitan yang hampir semua provinsi alami dengan adanya pandemi ini,” kata pelatih tim bola voli indoor puutri PON XX Jabar, Risco Herlambang saat ditemui di sela-sela latihan di GOR Tri Lomba Juang, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Jumat (30/7/2021).

Membandingkan dengan persiapan PON XIX tahun 2016 serta PON sebelumnya, lanjut Risco, persiapan terbilang cukup lengkap. Tidak hanya persiapan secara teknik dan fisik, namun juga kebutuhan uji tanding.

“Salah satunya, kita bisa melakukan try out di Jepang menghadapi tim yang memiliki level jauh lebih baik. Tapi berbeda dengan persiapan untuk PON XX,” kata Risco.

BACA JUGA: Sempurnakan Latihan, Pencak Silat Jabar Siap Jajal DKI Jakarta dan Tuan Rumah PON XX

fokusjabar.id bola voli indoor pon xx
Tim bola voli indoor putri PON XX Jabar saat berlatih di GOR Tri Lomba Juang. (FOTO: Ageng)

Dari hasil training center dan uji tanding di Jepang, Risco mengaku jika kemampuan anak asuhnya mengalami peningkatan. Hal tersebut membuat tim bola voli indoor putri Jabar tampil dominan di PON XIX dan merebut medali emas untuk kali kedua.

“Karena pandemi Covid-19, kita tidak ada melakukan training center dan uji tanding di Jepang untuk persiapan PON XX. Kita akan maksimalkan pelaksanaan latihan di dalam negeri, termasuk untuk uji coba,” kata dia.

Salah satu pelaksanaan uji tanding yang akan diikuti, kata Risco, yakni pelaksanaan PON Mini yang digelar di Padepokan Bola Voli Sentul pada 12 Agustus mendatang. Rencananya, PON Mini tersebut akan diikuti oleh enam tim.

“Tak hanya itu, kita pun akan terus mengasah kemampuan anak-anak secara tim yang salah satunya menghadapi tim putra. Kita tidak melihat menang atau kalah, tapi bagaimana cara bermain anak-anak dalam strategi bertahan maupun menyerang,” Risco menegaskan.

Berdasarkan jadwal yang dirilis PB PON XX, cabang olahraga bola voli indoor akan digelar di GOR Bola Voli kawasan Koya, Kota Jayapura. Sedangkan pertandingan cabang olahraga bola voli indoor akan dimulai pada 30 September 2021.

(Ageng)

Artikel Lainnya

spot_img