spot_img
Senin 11 Oktober 2021
spot_img
spot_img

Ini Loh 5 Penyebab Bibir Bengkak

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Terkadang saat bangun tidur, anda mendapati bahwa bibir bengkak. Hal in tentu saja bukan tanpa alasan, melainkan terjadi radang atau menumpuknya cairan yang berada di jaringan bibir. Sehingga bibir pun akan nampak membesar dan juga bengkak. Adapun beberapa penyebab bibir bengkak, bisa anda simak dalam ulasan berikut ini.

Hal Hal Yang Menyebabkan Bibir Membengkak Saat Bangun Tidur

1. Mengalami Gesekan Pada Kawat Gigi

Apabila anda menggunakan kawat gigi, biasanya hal tersebut akan menjadi pemicu bibir mengalami pembengkakan saat bangun tidur. Hal ini dikarenakan ketika tidur, kawat akan mengalami pergesekan dengan jaringan lunak yang ada di dalam bibir. Dengan begitu, akan menyebabkan iritasi dan juga bengkak di sekitar area bibir ketika bangun di pagi hari.

BACA JUGA: Hindari Stigmasi, WHO Namai Varian Baru Virus Corona dengan Alphabet Yunani

Tak hanya itu saja, bagi seseorang yang menggunakan kawat gigi, kawat tersebut terbuat dari nikel sehingga akan mengundang adanya reaksi alergi. Terutama bagi orang yang memiliki bibir sensitif. Selain itu, ketika anda mengalami pukulan atau terbentuk pada daerah sekitar mulut juga akan mampu membuat kawat gigi melukai jaringan yang ada di bibir.

2. Adanya Reaksi Alergi

Selain itu, penyebab bibir bengkak saat bangun tidur juga dapat dipicu karena adanya alergi. Ketika sebelum tidur, anda mengonsumsi makanan tertentu yang mampu menyebabkan alerg seperti susu, kacang kacangan kerang, ikan, telur dan juga beberapa makanan lain yang bisa menjadi penyebab bibir menjadi bengkak ketika anda bangun di pagi hari.

Tak hanya itu saja, alergi tidak hanya dipicu melalui makanan. Melainkan pada obat obatan ataupun gigitan serangga. Hal tersebut juga mampu membuat bibir menjadi bengkak setelah bangun tidur. Selain itu, saat bibir mengalami bengkak biasanya juga akan menimbulkan sensasi lain seperti batuk, gatal gatal dan juga sensasi terbakar di dalam mulut.

3. Terkena Sinar Matahari

5 Hal Yang Menjadi Penyebab Bibir Bengkak, Wajib Diperhatikan

Apabila hari sebelumnya anda banyak melakukan aktivitas di luar ruangan yang terkena paparan sinar matahari, hal tersebut juga menjadi salah satu penyebab bibir bengkak ketika bangun tidur di keesokan harinya. Hal ini terjadi karena adanya peradangan akibat sengatan sinar matahari yang terjadi pada hari sebelumnya.

4. Mengalami Cedera

Terkadang, bibir akan mengalami luka tanpa anda sadari. Hal tersebut dapat terjadi karena anda tidak sengaja kena pukul ataupun tergigit yang nantinya akan menimbulkan luka atau goresan. Karena adanya cedera tersebut, ternyata juga akan menimbulkan cedera pada bibir dan membuatnya terlihat membesar di malam hari.

Sehingga, saat bangun tidur pun anda akan mendapati bahwa bibir mengalami pembengkakan. Tak hanya itu saja, ketika anda tidur dalam posisi yang salah ataupun tidur di permukaan yang keras, hal ini ternyata mampu menimbulkan tekanan pada bibir. Dengan begitu akan memicu timbulnya pembengkakan.

5. Jerawat

Jerawat yang tumbuh di sekitar bibir ternyata juga menjadi salah satu penyebab bibir bengkak ketika bangun tidur. Biasanya anda tidak menyadari adanya jerawat yang timbul pada area bibir. Kemudian, pada saat bangun tidur, bibir pun mengalami pembengkakan dan terkadang cukup parah. Terutama ketika anda mengalami jenis jerawat kistik.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan bibir menjadi bengkak ketika bangun tidur. Adapun, anda bisa melakukan perawatan mandiri di rumah ketika mendapati hal tersebut. Salah satunya adalah dengan mengompres bibir dengan menggunakan es batu yang dibalut dengan handuk. Kemudian, anda pun bisa menggunakan pelembab bibir apabila mendapati bibir menjadi kering dan juga pecah pecah.

(Antik Asmara)

Artikel Lainnya

spot_img