spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto Luncurkan Mobile Training

    TASIKMALAYA,Fokusjabar.id: Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya mengapresiasi kegiatan BLK Komunitas dari Kemnaker khususnya di Kabupaten Tasikmalaya, sebagai bentuk keseriusan Pemerintah hari ini dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, di tengah pandemi Covid-19, melalui peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan memberikan bekal keterampilan serta kompetensi kerja.

    “Kita sangat apresiasi terhadap program pemerintah antara lain BLK Komunitas, dalam rangka mewujudkan tenaga kerja yang handal dan berdaya saing global. Apalagi dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19,” katanya, seusai menghadiri acara Rembuk Nasional Vokasi dan Kewirausahaan serta peresmian BLK Komunitas tahun 2020 di Pondok Pesantren Cipasung, Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jabar, Selasa (8/6/2021).

    Menurutnya, pandemi Covid-19 ini membutuhkan peningkatan kualitas kompetensi SDM sekaligus perluasan kesempatan kerja, salah satunya melalui BLK.

    Dan untuk lebih mendekatkan lagi permodalan. Lembaga bekerja sama dengan pihak perbankan atau membentuk bank mikro.

    “Salah satunya di Ponpes Cipasung ini semuanya ada. BLK-nya ada, bank mikro nya juga ada. Ini menginspirasi kita sampai ke daerah,” ujarnya.

    BACA JUGA: Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya Dilantik 26 April 2021

    Dia menegaskan, dalam rangka menindaklanjuti dan menyukseskan program pemerintah pusat seperti BLK dan bank mikro ini, ada program yang hampir mirip namun tidak sama.

    “Kita sedang membangun program mobile training. Kita memberikan pelatihan secara mobile. Bedanya kalau BLK itu kan berada di satu tempat dan pelatihannya dilakukan dua kali satu tahun. Kalau kita terus bergerak melakukan training ke seluruh wilayah, bagi siapapun yang membutuhkan,” tutur Ade.

    Artinya lanjut dia, pelatihan bisa dilaksanakan dimanapun baik di madrasah, di aula atau di tempat-tempat lainnya.

    “Syaratnya terkumpul sekian orang yang mau ada pelatihan, kita (Dinsos dan Disnaker UMKM serta instansi terkait) yang datang. Tahun ini sudah harus mulai kita laksanakan,” ucapnya. 

    (Farhan)

    Berita Terbaru

    spot_img