spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    KONI Jabar; Cabor Beregu Berpotensi Raih 15 Medali Emas di PON XX

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: KONI Jabar menargetkan setidaknya 15 medali emas dari cabang olahraga beregu pada PON XX di Papua, Oktober 2021. Di PON XX/2021, setidaknya akan dipertandingkan sebanyak 16 cabang olahraga beregu.

    “Karena itu, kita gelar character building gelombang kedua yang diperuntukkan khusus untuk cabang olahraga beregu. Intensitas kegiatannya pun berbeda dengan gelombang pertama yang lebih banyak diikuti atlet dan pelatih dari cabang olahraga individu,” kata Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin saat ditemui usai pembukaan kegiatan Character Building Atlet dan Pelatih Pelatda PON XX KONI Jabar Gelombang II di Dodik Bela Negara, Rindam III/Siliwangi, Jalan Tangkuban Parahu, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (2/6/2021).

    Dari pelaksanaan character building gelombang kedua ini, lanjut Ahmad, kolaboratif antara atlet dan pelatih menjadi dasar utama yang paling pokok. Selain itu, pihaknya ingin memastikan atlet dan pelatih cabang olahraga beregu tidak hanya menguasai kemampuan teknik yang paling pokok tetapi motivasi yang ditimbulkan melalui mentalitas kejuaraan secara kolaboratif.

    “Kita punya target cukup besar dan cabang olahraga beregu ini punya peluang sangat besar untuk meraih medali. Kalau ada 16 cabang olahraga beregu, saya punya target minimal 15 medali emas dan ini yang harus kita tempuh,” kata dia.

    BACA JUGA: Pemkot Bandung Resmi Buka Kembali 6 Tempat Wisata, Ini Daftarnya

    fokusjabar.id koni jabar pon xx papua
    Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin saat membuka kegiatan Character Building Atlet dan Pelatda PON XX Jabar Gelombang Kedua. (FOTO: Ageng)

    Untuk gelaran PON XX tahun 2021 di Papua, Ahmad menegaskan jika Jabar harus mampu menguasai lebih dari 50 persen cabang olahraga beregu. Hal ini karena peluang untuk meraih medali emas di cabang olahraga beregu cukup terbuka lebar.

    Dengan peluang yang dihadirkan cabang olahraga beregu tersebut, KONI Jabar harus mampu menghantarkannya sehingga bisa lebih optimal dari sisi raihan medali emas. Selain penggunaan dana yang cukup besar, peluang besar, serta handicap dari semua provinsi yang merata, maka dibutukan inisiatif-inisiatif tertentu untuk menghadapi situasi dan kondisi di Papua maupun Covid-19 ini.

    “Jadi character building kali ini, selain untuk meyakinkan diri akan peluang itu, sekaligus mensiasati agar cabang olahraga beregu mampu mendulang emas tambahan di PON XX. Untuk itu, atlet dan pelatih harus punya kolaboratif yang sangat kuat,” Ahmad menambahkan.

    Salah satu contohnya di cabang olahraga sepakbola yang berhasil meraih medali emas di babak kualifikasi PON XX. Termasuk di beberapa pertandingan atau kejuaraan, baik putra maupun putri, yang mamppu tampil menjadi yang terbaik.

    “Peluang-peluang itu yang harus kita pelihara melalui character building ini karena kita tidak berharap kondisi dan situasi di Papua mengurangi kompetensi dan kemampuan mereka. Sehat wajib, bugar wajib, dan kita pun harus mampu menguasai situasi,” kata dia.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img