spot_img
Rabu 5 Mei 2021
spot_img
spot_img

Bus Gatrik Jadi Wahana Ngabuburit Di Alun-alun Ciamis

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Naik Bus Wisata Galuh Tour Kota Klasik atau Gatrik jadi salahsatu wahana pilihan warga Ciamis untuk Ngabuburit. Di bulan Ramadhan ini Bus Wisata Gatrik stanby di kawasan Alun-alun Ciamis sejak pukul 16.00 WIB.

Hanya dengan Rp 10 ribu, warga bisa menikmati keliling perkotaan Ciamis, sambil melihat sejumlah bangunan bersejarah dan ikonik di Tatar Galuh. Waktu yang dibutuhkan untuk berkeliling sekitar 40 menit dari start Alun-alun Ciamis.

Selain itu ada pemandu wisata yang siap menemani selama perjalanan. Pemandu juga menjelaskan berbagai tempat bersejarah di Ciamis yang dilintasi oleh Bus Wisata Gatrik. Tak hanya itu, ada juga buku panduan mengenai pariwisata Ciamis yang bisa dibawa oleh pengunjung.

Minat masyarakat untuk naik Bus Wisata Gatrik ini cukup tinggi untuk ngabuburit.

Banyak masyarakat menantikan kedatangan bus. Saat bus datang dari turis informasi center Ciamis langsung dihampiri warga. Setelah melakukan registrasi, warga lalu naik bus dan siap berkeliling.

BACA JUGA: Larangan Mudik Lebaran Diterapkan, Jalur Tikus di Ciamis Diperketat

Meski masih dalam kondisi Pandemi Covid19 tidak menyurutkan niat masyarakat Ciamis untuk Ngabuburit. Seperti Minat warga Baregbeg Dwi Ayu yang sengaja mengajak anaknya untuk naik Bus Gatrik. Ia bahkan menunggu kedatangan Bus sebelum pukul 16.00 WIB.

“Iya ngabuburit naik bus Gatrik. Memang sebelumnya kan belum pernah karena sering penuh sudah ada yang Carter. Kebetulan sekarang baru sempat, ternyata asyik juga karena ada tour guide nya jadi bisa tau sejarah tentang Ciamis,” katanya.

Sementara itu, Pemandu Wisata (PW) Bus Gatrik Puji Aristi, mengatakan sejak bulan puasa operasional Gatrik kini buka pagi sampai sore hari menjelang Ngabuburit sekitar pukul 16.00 WIB. Selama opersional pun tetap melaksanakan protokol kesehatan, wisatawan wajib pakai masker dan hand sanitizer.

“Biasanya Gatrik beroperasi dari pukul 09.00 WIB sampai 21.00 WIB. Kalau sekarang sampai sore dengan rute city tour ataupun rute ke tempat wisata,” kata Puji

(Riza M Irfansyah/Anthika Asmara)

Artikel Lainnya

spot_img