spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Berinovasi Ditengah Covid-19, Ayu Sukses Dengan Usahanya

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Sejak pandemi Covid-19, usaha rumahan kian meningkat dan menjanjikan. Kondisi yang mengharuskan berdiam diri di rumah memaksa masyarakat memutar otak agar mendapat pundi-pundi rupiah.

    Tak sedikit yang kemudian memilih menjalankan usaha rumahan. Baik pada sektor kuliner ataupun yang lainnya.

    fokusjabar.id covid-19 inovasi
    Ayu Amalia memperlihatkan kue-kue mungil hasil inovasinya. (FOTO: Ganjar)

    Hal tersebut pula yang kemudian dilakukan salah seorang pengusaha kue rumahan di Kota Tasikmalaya, Ayu Amalia. Kondisi Covid-19 yang belum mereda, memaksanya bersabar dalam mendapatkan pekerjaan.

    Namun hal tersebut tidak menjadi penghalang, Ayu justru berinisiatif membuka usaha rumahan dengan memproduksi kue minimalis dengan motif yang bisa disesuaikan dengan keinginan pelanggan.

    BACA JUGA: Trend Penyebaran Covid-19 di Kota Tasikmalaya Terus Meningkat

    Saat ditemui FOKUSJabar, ia menyampaikan jika usahanya tersebut dimulai pada bulan Maret, tepatnya 8 Maret 2021. Ayu mengaku tidak pernah terpikir untuk membuat usaha rumahan seperti saat ini. Namun karena belum mendapat pekerjaan di tengah pandemi, ia justru berinovasi menyalurkan keahliannya membuat kue.

    “Awalnya sih karena belum ada rezeki buat dapet kerja, ditambah banyaknya kebutuhan. Akhirnya cari-cari ide buat jualan tapi dengan hasil karya sendiri,” Ayu membuka obrolannya.

    FOKUSJabar.id Covid-19
    Instagram @aybicake. (FOTO: Istimewa)

    Kenapa akhirnya memilih membuat kue minimalis, Ayu mengaku jika hal tersebut karena keluarganya tidak terlalu menyukai kue. Dia pun berpikir untuk membuat kue dengan ukuran kecil.

    “Jadi kan di keluarga aku gak terlalu suka kue. Kalau misalnya beli kue di luar pun gak pernah abis, soalnya kan ukurannya gede. Dari situ baru kepikiran buat bikin kue kecil,” kata Ayu.

    Namun siapa sangka, ketika kue hasil buatannya tersebut difoto dan diunggah di instagram pribadinya justru mendapat respon positif. Bahkan tak sedikit warga net di Instagram yang kemudian memesan kue buatannya tersebut.

    Hingga saat ini, Ayu sudah berhasil membuka dan mengembangkan usahanya tersebut dengan memanfaatkan media sosial sebagai media promosi. Akun istagram khusus untuk memasarkan produknya pun sudah tersedia yakni @aybicake_. Hanya dalam kurun waktu satu bulan, kini Ayu sudah berhasil meraup keuntungan jutaan rupiah.

    “Gak pernah nyangka bakal seramai ini dalam waktu yang secepat ini sih. Alhamdulillah, pas awal-awal cuma bikin 1-2 pieces dalam satu hari, sekarang bisa nerima pesanan puluhan pieces per harinya,” Ayu menegaskan.

    (Ganjar Widya/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img