spot_img
Selasa 18 Juni 2024
spot_img
More

    Kapan Waktu Minum Susu Terbaik Untuk Kesehatan?

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Susu menjadi salah satu minuman yang kaya akan nutrisi, termasuk kalsium, protein, vitamin D, dan berbagai mineral penting lainnya. Namun, kapan waktu minum susu terbaik untuk kesehatan tubuh?

    Banyak orang sering bertanya-tanya kapan waktu terbaik untuk minum susu agar mendapatkan manfaat maksimal. Jawaban atas pertanyaan ini bergantung pada tujuan kesehatan individu dan kebutuhan nutrisi masing-masing.

    Berikut kapan waktu minum susu terbaik untuk kesehatan tubuh.

    Pagi Hari untuk Energi dan Nutrisi Awal

    Minum susu di pagi hari bisa menjadi pilihan yang baik untuk memulai hari dengan energi. Susu mengandung protein dan karbohidrat yang dapat memberikan energi serta rasa kenyang yang lebih lama.

    Menggabungkan susu dengan sereal atau oatmeal bisa menjadi sarapan yang bergizi dan seimbang, memberikan asupan kalsium dan vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang.

    Sebelum atau Setelah Olahraga

    Susu merupakan sumber protein yang baik dan dapat membantu dalam proses pemulihan otot setelah berolahraga. Minum susu setelah latihan fisik dapat membantu memperbaiki dan membangun kembali jaringan otot yang rusak.

    Protein dalam susu, terutama whey protein, cepat diserap oleh tubuh dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan otot. Jika diminum sebelum olahraga, susu juga bisa memberikan energi tambahan yang diperlukan selama latihan.

    Sore Hari sebagai Camilan Sehat

    Mengonsumsi susu di sore hari bisa menjadi pilihan camilan sehat yang memberikan nutrisi tambahan tanpa kalori berlebih.

    Ini bisa membantu menjaga kestabilan kadar gula darah dan menghindari keinginan untuk ngemil makanan tidak sehat. Menambahkan beberapa buah atau kacang-kacangan ke dalam segelas susu bisa membuat camilan yang lebih mengenyangkan dan bergizi.

    Malam Hari untuk Kualitas Tidur yang Lebih Baik

    Minum susu sebelum tidur adalah kebiasaan yang banyak dianjurkan untuk membantu tidur lebih nyenyak. Susu mengandung triptofan, asam amino yang membantu memproduksi serotonin dan melatonin, hormon yang mengatur tidur.

    Selain itu, kandungan kalsium dalam susu juga dapat membantu menenangkan saraf dan otot, mempersiapkan tubuh untuk tidur.

    Ketika Sedang Diet atau Menurunkan Berat Badan

    Bagi mereka yang sedang menjalani program diet, susu rendah lemak atau susu tanpa lemak bisa menjadi bagian dari rencana makan yang seimbang.

    Susu dapat memberikan rasa kenyang lebih lama berkat kandungan protein dan lemaknya. Namun, penting untuk memilih susu yang sesuai dengan kebutuhan kalori harian dan memastikan tidak mengonsumsi berlebihan.

    Selama Masa Pertumbuhan Anak-Anak

    Anak-anak dalam masa pertumbuhan membutuhkan asupan kalsium dan vitamin D yang cukup untuk mendukung perkembangan tulang dan gigi yang sehat.

    Minum susu dua hingga tiga kali sehari bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian mereka. Mengkombinasikan susu dengan makanan lain yang kaya kalsium dan vitamin D, seperti ikan berlemak dan sayuran hijau, juga dianjurkan.

    BACA JUGA: Mengatasi Nyeri Saat Haid: 5 Cara Mudah untuk Meredakannya

    Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

    Ibu hamil dan menyusui memerlukan tambahan nutrisi untuk mendukung perkembangan janin dan produksi ASI. Susu adalah sumber kalsium, protein, dan vitamin yang baik bagi ibu dan bayi. Minum susu di pagi dan malam hari bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang meningkat selama masa kehamilan dan menyusui.

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img