spot_img
Rabu 19 Juni 2024
spot_img
More

    Bey Machmudin Sebut SWJ Ciptakan Entrepreneur Bidang Pariwisata dan Budaya

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat meluncurkan program Smiling West Java (SWJ) Academy. SWJ Academy adalah pelatihan gratis untuk masyarakat tentang industri ekonomi kreatif dan pariwisata.

    Program tersebut dilaksanakan rutin tiap akhir pekan. Kegiatan ini sekaligus mengaktivasi ruang publik seni kreatif. Ruang publik tersebut berada di Kantor Disparbud Jabar, Jl L.L.R.E Martadinata No.209, Kota Bandung.

    “Program ini sangat penting, tidak hanya untuk kita, tapi untuk Jawa Barat. Saya melihat bahwa potensi pariwisata dan ekonomi kreatif ini masih harus terus dikembangkan lagi,” kata Pj Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin dikutip, Sabtu (19/5/2024).

    BACA JUGA: Disbudpar Kota Bandung: Okupansi Hotel Meningkat 100 Persen

    Menurutnya pemerintah salah satunya membawa masyarakat menjadi lebih produktif, jangan sampai tergoda ke pinjol dan lain sebagainya. 

    “Minimal Smiling West Java Academy ini bisa memberikan hasil yang positif dan juga melahirkan entrepreneur yang paham di bidang kebudayaan maupun pariwisata,” katanya.

    Kadisparbud Jabar Benny Bachtiar menuturkan, nantinya akan ada kelas seminar atau workshop soal kepariwisataan, kebudayaan, serta ekonomi kreatif yang di dalamnya terdapat 17 subsektor.

    Ia menuturkan, dalam menggelar workshop pihaknya berkolaborasi dengan berbagai stakeholder terkait seperti Politeknik Bandung (Polban), Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI), Himpunan Pramuwisata Indonesia, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Agate Academy, Singlet Kabaret, serta Senandung dan KPJ Jawa Barat. Dari program Smiling West Java Academy ini diharapkan bisa mengoptimalisasi potensi pariwisata, budaya, maupun ekonomi kreatif yang ada di Jawa Barat.

    BACA JUGA: Bey Machmudin Sambut Positif Inisiatif Kegiatan Sosial dari Komunitas Otomotif di Jabar

    “Sasaran peserta SWJ Academy meliputi pelaku industri pariwisata, industri kreatif, asosiasi, komunitas, pelajar dan mahasiswa, serta para PNS dan non PNS yang ingin terlibat di pengembangan industri pariwisata dan ekonomi kreatif,” ucap Benny.

    “Kami sangat meyakini bahwa terlaksananya SWJ Academy ini dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki para pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Jawa Barat dalam menjawab tantangan ketenagakerjaan dan kewirausahaan,” jelasnya.

    Berita Terbaru

    spot_img