spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Penyair Umbu Landu Paranggi “Presiden Malioboro” Meninggal Dunia

    BALI,FOKUSJabar.id: Penyair kenamaan sekaligus tokoh masyarakat Umbu Landu Paranggi meninggal dunia, Selasa (6/4/2021).

    Penyair dengan julukan ‘Presiden Malioboro’ itu sempat dirawat 2 hari di ruang ICU akibat Covid-19.

    “Saya kurang tahu dirawatnya, cuman meninggalnya karena positif Covid-19. Akhirnya dua hari belakangan di (rawat) di (ruang) ICU,” kata Kasubag Humas Rumah Sakit Umum Bali Mandhara (RSBM), I Gusti Agung Putu Aditya Mahendra, Selasa (6/4/2021).

    Aditya mengatakan, Umbu meninggal pada Selasa (6/4/2021), pukul 03.55 Wita. Untuk saat ini, jenazah Umbu Landu Paranggi sudah berada di ruang jenazah.

    BACA JUGA: Ulama Kharismatik Abuya Uci Meninggal Dunia

    “Sekarang sih lagi proses formalin di kamar jenazah. Posisi masih di kamar jenazah sekarang. Tadi saya ke dalam lagi di formalinin,” kata dia.

    Sastrawan sekaligus kurator Bentara Budaya Bali, Warih Wisatsana, mengabarkan kabar duka ini lewat akun Facebooknya.

    “Sahabat kita, Bung Umbu Berpulang. Guru batin kami pamitan dini pagi tadi. Kawan-kawan yang berjaga di rumah sakit Bali Mandara mengabari, pukul 03.55 Wita. Mohon maaf dan perkenan doa teman-teman bagi Penyair rendah hati yang tulus ini, semoga lapang jalan pulangnya dalam naungan Kasih Sang Maha Indah,” tulis Warih Wisastana.

    Pada 1970-an, Umbu Landu Paranggi diketahui mendirikan Persada Studi Klub (PSK). Persada Studi Klub ialah sebuah komunitas penyair, sastrawan, seniman yang berpusat di Malioboro, Yogyakarta. Komunitas ini bahkan disebut-sebut sebagai salah satu komunitas yang sangat mempengaruhi perjalanan para sastrawan-sastrawan besar di Indonesia.

    (Agung)

     

     

     

     

    Berita Terbaru

    spot_img