spot_img
Senin 26 Februari 2024
spot_img
More

    Sah, Pasangan No 2 Ditetapkan KPU Tasikmalaya sebagai Bupati-Wabup Terpilih

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Menyusul terbitnya keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Pilkada Tasikmalaya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya menggelar rapat pleno penetapan pasangan calon terpilih Pilkada serentak Kabupaten Tasikmalaya tahun 2020, di Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (21/3/2021).

    Dalam rapat terbuka yang dihadiri KPU Provinsi Jawa Barat, Bawaslu dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tasikmalaya, termasuk Wakil Bupati Tasikmalaya, Deni R Sagara, Pasangan Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 2 (Ade Sugianto dan Cecep Nurul Yakin) ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya terpilih pada Pilkada serentak 2020.

    Pasangan Ade-Cecep menerima petikan berita acara rapat pleno KPU penetapan bupati dan wakil bupati Tasikmalaya terpilih Pilkada serentak 2020, yang diserahkan Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Zamzam Zamaludin

    “Tuntas sudah tahapan Pilkada serentak Kabupaten Tasikmalaya. Hari ini kita tetapkan bahwa Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya terpilih adalah pasangan Ade-Cecep. Selanjutnya kita serahkan berkas dokumen penetapan ini ke DPRD sebagai bahan pengusulan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tasikmalaya, Zamzam Zamaludin.

    BACA JUGA: Pertandingan Catur Antara Dewa Kipas Melawan GM Irene Disiarkan Live di Kanal Youtube Deddy Corbuzier

    KPU terang dia, sangat mengapresiasi serta berterimakasih kepada seluruh pasangan kandidat bupati dan wakil bupati, partai politik relawan maupun simpatisan serta seluruh lapisan masyarakat terutama TNI dan Polri dan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, yang telah mendukung keterlaksanaan Pilkada yang aman, tertib dan selamat dari ancaman pandemi Covid-19.

    “Kita bersyukur dalam pelaksana pilkada kemarin tidak muncul klaster pemilu. Sedangkan tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada 2020 kemarin mencapai 73,17 persen atau mengalami peningkatan 12,84 persen dari Pilkada 2015 yang hanya mencapai angka 60,33 persen. Ini menunjukan pendidikan politik dan demokrasi mengalami kemajuan termasuk kesadaran hidup sehat,” paparnya.

    Dandim 0612 Tasikmalaya, Letkol Inf Ari Sutrisno menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan Pilkada Tasikmalaya, sehingga pesta demokrasi berjalan aman dan lancar.

    Hal itu karena adanya kerjasama semua pihak yang bukan hanya TNI/Polri, tetapi juga seluruh peserta dan penyelenggara Pilkada Tasikmalaya serta masyarakat yang sama-sama turut menjaga keamanan dan ketertiban.

    “Pesta demokrasi di Kabupaten Tasikmalaya hampir selesau. Besar harapan kami masyarakat disatukan kembali oleh pimpinan terpilih, mari kita bersama membangun daerah Kabupaten Tasikmalaya,” ujarnya.

    Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya terpilih Pilkada serentak 2020, H Ade Sugianto dan H Cecep Nurul Yakin

    Sementara itu, Bupati Tasikmalaya terpilih H Ade Sugianto mengatakan, pilkada bukan hanya mencari siapa kontestan yang beruntung. Pilkada adalah proses pendidikan politik dan pembinaan bagi masyarakat.

    Bukti berhasilnya kontestasi politik di Kabupaten Tasikmalaya, adalah berjalannya semua tahapan dengan aman, nyaman dan terkendali, termasuk meningkatnya partisipasi pemilih.

    “Saya atas nama pasangan terpilih, mengapresiasi dan berterima kasih kepada para penyelenggara pemilu yang sudah menjalankan amanah dan tugasnya dengan baik. termasuk TNI/Polri yang sangat luar biasa mewujudkan jalannya Pilkada yang aman dan lancar,” tutur Ade.

    Atas nama pribadi, pasangan dan partai lanjut dia, mengajak kepada semua lapisan masyarakat untuk saling memaafkan dan kembali bersatu mewujudkan Kabupaten Tasikmalaya yang maju masagi.

    (Farhan)

    Berita Terbaru

    spot_img