spot_img
Selasa 13 April 2021
spot_img
spot_img

Pemkab Garut Segera Bangun Galeri UMKM Berlantai 3

GARUT,FOKUSJabar.id: Kepala Dinas Koperasi dan UKM Garut, Jawa Barat (Jabar), Suhartono mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) berencana membangun Galeri Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Galeri UMKM tersebut untuk memasarkan seluruh produk para pelaku usaha mikro yang ada di Kabupaten Garut.

“Pak Bupati berencana membangun sebuah gedung (Galeri  UMKM). Pembangunannya ditarget rampung tahun 2024,” kata Suhartono saat kegiatan sosialisasi fasilitasi pemberian sertifikasi halal bagi para pelaku usaha mikro di Sabda Alam Hotel, Kecamatan Tarogong Kaler, Selasa (16/3/2021).

BACA JUGA: Tahun 2021, Diskop UKM Garut Targetkan 100 Serifikat Halal

“Tahun ini, Kami susun desainnya dan 2022 sudah mulai dibangun. Pembangunan fisiknya itu sendiri ingin dilakukan dua tahap agar tidak berisiko. Dan tahun 2024 sudah rampung dan bisa digunakan,” sambung Dia.

Menurut Kepala Diskop UKM, langkah awal pihaknya akan mengumpulkan database dari para pelaku UMKM. Setelah itu akan dilakukan seleksi produk mana yang akan ditampilkan di gedung Galeri.

“Kami akan seleksi para pelaku usaha UMKM yang memiliki daya saing memadai dan ditampilkan di gedung galeri,” ungkapnya.

Suhartono menyebut, alokasi dana pembangunan galeri UMKM berlantai 3 sebesar Rp5 milyar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Garut.

“Dana pembangunannya Rp5 Milyar dari APBD Garut untuk tiga lantai,” katanya.

Kepala Diskop UKM berharap, nantinya galeri tersebut bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM di Kabupaten Garut untuk mengenalkan seluruh produknya.

“Mudah-mudahan dengan dibangunnya Galeri ini dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM dalam rangka mendekatkan hasil produk mereka kepada para konsumen seiring dengan kemajuan pengembangan pariwisata di Kabupaten Garut,” tutup Suhartono.

(Andian/Bambang)

Artikel Lainnya

spot_img