spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Pelayanan Publik Perpusnas Raih Predikat “Sangat Baik” dari Kementerian PANRB

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI meraih predikat “Sangat Baik” Tahun 2020, penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melalui Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara.

    Penghargaan tersebut diterima oleh Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpusnas Ofy Sofiana dalam acara Penyampaian Penghargaan Pelayanan Publik Lingkup Kementerian/Lembaga dan Penghargaan Unit Pelayanan Percontohan Pelayanan Publik Ramah Kelompok Rentan Tahun 2020, Jakarta, (9/3/2021).

    Tjahjo Kumolo Menteri PANRB meminta seluruh kementrian/lembaga agar fokus untuk lebih meningkatkan pelayanan publik, Tjahjo meminta supaya semangat untuk memperbakkk pelayanan publik untuk selalu dijaga karena hal tersebut adalah salah satu kunci untuk bangkit dari kondisi sekarang.

    Perpusnas
    Acara Penyampaian Penghargaan Pelayanan Publik Lingkup Kementerian/Lembaga dan Penghargaan Unit Pelayanan Percontohan Pelayanan Publik Ramah Kelompok Rentan Tahun 2020, Jakarta, (9/3/2021). (Ist)

    “Pertumbuhan ekonomi dan keberhasilan pembangunan nasional dalam fokus peningkatan pelayanan publik yang cepat, akurat, dipertanggungjawabkan, serta mempercepat proses perizinan investasi dalam rangka untuk pertumbuhan daerah. Itu yang selalu diingatkan oleh bapak Presiden dan Wakil Presiden,” jelasnya.

    Baca Juga: Berbasis Inklusi Sosial, Konsep Perpusnas Jawaban Pandemi Covid-19

    Ofy Sofiana usai memperoleh penghargaan, mengapresiasi seluruh jajarannya atas pelayanan yang diberikan untuk masyarakat. Dia menjelaskan, walau kondisi pandemi Covid-19, layanan Perpusnas harus tetap berlangsung, baik secara tatap muka maupun daring.

    Secara tatap muka, layanan dapat diakses dengan protokol kesehatan yang ketat. Sementara layanan daring bisa diakses setiap saat dan waktu, tersedia di laman Perpusnas. Dia menegaskan, Perpusnas tetap beroperasi meski kontak fisik dibatasi agar masyarakat bisa mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan.

    “Penghargaan ini merupakan hasil kerja teman-teman Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara. Terima kasih sudah semangat melayani masyarakat. Saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah mengapresiasi layanan kami,” ujarnya di Jakarta, Selasa (9/3/2021).

    Dia berharap dengan penghargaan ini dapat memacu semangat kerja para pegawai untuk menjaga kualitas layanan publik. Ke depan, evaluasi unsur-unsur layanan terus dilakukan agar kinerja aparatur sipil negara tetap produktif dan profesional. “Pelayanan prima harus bisa kita wujudkan,” jelasnya.

    Perpusnas meraih predikat A- bersama dengan 26 unit penyelenggara pelayanan kementerian/lembaga lainnya, berdasarkan hasil evaluasi Kementerian PANRB pada tahun 2020. Sebanyak enam unit penyelenggara pelayanan dari enam kementerian dan Lembaga berhasil meraih kategori A atau Pelayanan Prima. Sementara 15 unit layanan kementerian atau lembaga mendapat nilai B.

    Penilaian ini dilakukan berdasarkan enam unsur yaitu profesionalisme, kebijakan pelayanan,  SDM, sistem informasi pelayanan publik, sarana prasarana, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi.

    Raihan tahun 2020 ini merupakan peningkatan bagi Perpusnas. Pada 2018 dan 2019, dalam hasil evaluasi pelayanan publik, Perpusnas melalui Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara meraih predikat “Baik”.

    (Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img