Jumat 26 Februari 2021

Tokoh Sepeda Jabar Sampaikan Harapan bagi Yudi Nugraha Lasminingrat

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Yudi Nugraha Lasminingrat diprediski akan melaju mulus menjadi Ketua Umum Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Jawa Barat pada Musyawarah Olahraga Provinsi Luar Biasa (Musorprovlub) ISSI Jabar. Berbagai harapan pun dilontarkan insan balap sepeda di Jabar, termasuk dari para tokoh/sesepuh.

Seperti diketahui, roda organisasi ISSI Jabar dibawah kepemimpinan Daud Husain mengalami kevakuman dalam beberapa tahun terakhir. Tak hanya itu, berbagai permasalahan timbul yang mengakibatkan dorongan digelarnya musorprovlub dari pengcab-pengcab ISSI kota/kabupaten di Jabar.

Di tengah kondisi tersebut, harapan besar pun berada di pundak seorang Yudi Nugraha Lasminingrat yang kemungkinan besar akan maju sebagai calon tunggal Ketua Umum ISSI Jabar. Seperti diungkapkan dua tokoh balap sepeda Jabar yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum ISSI Jabar saat balap sepeda Jabar mengalami masa keemasannya, Engkos Sadrah dan Ato Hermanto.

BACA JUGA: Musorprovlub ISSI Jabar digelar 25 Februari, Yudi Nugraha Lasminingrat Calon Tunggal?

Sebagai salah satu orang yang berkecimpung di dunia balap sepeda, Engkos sangat berharap pada Yudi Nugraha Lasminingrat yang maju sebagai calon Ketua Umum ISSI Jabar. Dia berharap, Yudi bisa mengembalikan kejayaan balap sepeda Jabar seperti saat menjadi acuan dan barometer olahraga balap sepeda di Indonesia.

“Meski untuk PON XX tahun 2021 di Papua peluang untuk menjadi juara umum atau berprestasi seperti sebelumnya cukup berat, setidaknya roda organisasi dan pembinaan olahraga balap sepeda yang sempat vakuum ini bisa kembali berjalan. Harus bisa bangkit,” kata Engkos saat ditemui usai melakukan pertemuan dengan caretaker ISSI Jabar dan KONI Jabar di salah satu hotel di kawasan Dago, Senin (22/2/2021) malam WIB.

Dirinya yakin jika Yudi Nugraha Lasminingrat memiliki niat tulus untuk membawa olahraga balap sepeda bangkit dari keterpurukannya saat ini. Bahkan Ketua KADIN Kabupaten Garut itu pun memiliki ketertarikan terhadap olahraga balap sepeda yang dibuktikan dengan mendirikan klub balap sepeda.

“Saya akan dukung dan support penuh beliau. Dan yang paling penting adalah jangan sampai ada kubu-kubuan lagi. Harus kompak dan guyub membangun olahraga balap sepeda di Jabar,” Engkos menegaskan.

BACA JUGA: Organisasi Balap Sepeda Jabar Kembali Gelar Musorprovlub

Hal senada juga diungkapkan tokoh olahraga balap sepeda Jabar lainnya, Ato Hermanto. Dia mengaku sangat mengenal sosok Yudi Nugraha Lasminingrat dan akan mendukung penuh pencalonannya sebagai Ketua Umum ISSI Jabar.

“Kalau melihat situasi saat ini dengan kevakuman organisasi dan pembinaan saat ISSI Jabar dipimpin Daud Husain, tugas Pak Yudi kedepan memang cukup berat terutama untuk menghadapi PON 2021. Saya kira akan cukup sulit untuk kembali menjadi juara umum seperti di gelaran tiga PON sebelumnya, meski tidak mustahil,” kata Ato.

Ato mengatakan jika Yudi Nugraha Lasminingrat memiliki idealisme yang bagus untuk mengembangkan olahraga balap sepeda kedepan menjadi lebih baik. Meski demikian, dia berpesan jika nanti terpilih untuk memperhatikan aspek lainnya selain dari sisi prestasi.

“Sepeda ini sudah menjadi olahraga yang banyak diminati masyarakat, karena itu Yudi harus bisa berkolaborasi dengan semua pihak. Salah satunya mengembangkan sport tourism di olahraga balap sepeda,” Ato menambahkan.

Dengan mengembangkan sport tourism, Ato yakin perkembangan olahraga balap sepeda akan semakin lebih baik. Tidak hanya dari sisi prestasi tapi juga dari sisi regenerasi atlet balap sepeda dan kemajuan setiap daerah.

“Yudi bisa mengemas beberapa kejuaraan balap sepeda ini dengan konsep sport tourism dan Jabar punya potensi untuk itu. Dengan sport tourism, akan berimbas pada hal lain tidak hanya dari sisi pembinaan prestasi. Olahraga balap sepeda pun bisa menjadi industri dan memberi dampak bagi para pegiat balap sepeda maupun masyarakat sekitar,” kata Ato.

Pelaksanaan musorprovlub ISSI Jabar sendiri rencananya akan digelar di aula KONI Jabar, Kamis (25/2/2021). Hingga saat ini, Yudi Nugraha Lasminingrat menjadi satu-satu orang yang mendaftar dan maju sebagai calon Ketua Umum ISSI Jabar.

(Ageng)

Artikel Lainnya

Tokoh Sepeda Jabar Sampaikan Harapan bagi Yudi Nugraha Lasminingrat 1