Senin 1 Maret 2021

Puncak Jalumarat, Saksi Bisu Perjuangan Merebut Kemerdekaan

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Puncak Jalumarat menjadi saksi bisu perang kemerdekaan melawan penjajah. Berada di atas ketinggian di Dusun Kutasari, Desa Dayeuhluhur, Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis, Jabar, Puncak Jalumarat menjadi tempat strategis mengintai kedatangan tentara penjajah saat itu.

Menurut Adang (70), tokoh masyarakat Desa Dayeuhluhur, saat perang kemerdekaan para tentara pejuang Republik Indonesia sering berada di puncak tersebut. Terutama pada malam hari.

“Tentara Belanda diterjunkan melalui pesawat udara saat akan memasuki markasnya di Kawali, ” kata Adang, Selasa (23/2/2021).

Adang menuturkan, dari Puncak Jalumarat, tentara pejuang bisa mengetahui jumlah pasukan tentara Belanda yang akan masuk markasnya melalui udara.

“Jumlah tentara (Belanda) bisa dilihat dari sini saat diterjunkan,” Adang menambahkan.

BACA JUGA: Puncak Jalumarat Ciamis Butuh Perhatian Pemerintah

Dengan diketahuinya jumlah pasukan tentara Belanda, lanjut dia, pasukan pejuang pun bisa mengatur strategi untuk menyerang benteng musuh sehingga bisa berhasil.

“Pasukan pejuang selalu berhasil menyergap musuh karena mengetahui kekuatan mereka,” Adang menjelaskan.

Saat itu, lokasi tersebut sedang dilakukan penataan oleh masyarakat setempat untuk dijadikan sebagai tempat destinasi wisata baru di Ciamis.

(Husen Maharaja/Ageng)

Artikel Lainnya

Puncak Jalumarat, Saksi Bisu Perjuangan Merebut Kemerdekaan 1