spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Pandemi Covid-19, Situ Mustika Tetap Suguhkan Pesonanya

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Pandemi virus corona (Covid-19) membuat banyak pelaku usaha pariwisata gigit jari. Termasuk di salah satu destinasi wisata di Kota Banjar, Situ Mustika.

    Kunjungan wisatawan di destinasi yang berlokasi di kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, mengalami penurunan. Angka pengunjung di tempat wisata yang menawarkan pesona keindahan alam ini menurun dibanding tahun sebelumnya.

    Meski demikian, Situ Mustika tetap mempertahankan dan menyuguhkan keelokan fenmomena alam terbukanya bagi para wisatawan. Walaupun dengan gaya berbeda yakni mewajibkan pengunjung menerapkan protokol kesehatan.

    Tak hanya itu, tempat wisata ini pun justru banyak melakukan aksi sosial. Seperti memberikan santunan kepada kaum dhuafa, anak yatim, panti jompo hingga para penyandang disabilitas.

    Salah seorang pengelola wisata Situ Mustika Jeny mengatakan, pada akhir tahun 2020 ini angka wisatawan yang berkunjung mengalami penurunan jika dibandingkan tahun 2019 lalu.

    BACA JUGA: Gugus Tugas Covid-19 Banjar Gelar Tes Swab di Bahu Jalan

    “Angka pengunjung turun, 2019 lalu pengunjung ke Situ Mustika mencapai sekitar 10 ribu pengunjung. Kalau di tahun 2020 ini, paling sampai 8000 pengunjung,” kata wanita yang akrab disapa Bunda Jenny ini saat ditemui FOKUSJabar usai syukuran ulang tahun Situ Mustika yang kedua, Jumat (25/12/2020).

    FOKUSJabar.id Covid-19
    Keindahan Destinasi Wisata Situ Mustika. ( FOKUSJabar/Budiana )

    Meski angka wisatawan menurun, lanjut Bunda Jeny, pihaknya tetap optimis bertahan dengan menyuguhkan keindahan alam sebagai keunggulan Situ Mustika.

    “Ya mau gimana lagi, tahun ini kan terdampak Covid-19. Namun kita tetap akan bertahan memberikan keindahan alam yang menarik untuk wisatawan, khususnya yang ada di Kota Banjar,” kata dia.

    Meski ditengah pandemi Covid-19, keindahan destinasi wisata Situ Mustika tetap bisa dinikmati. Suguhan pesona alam yang memanjakan mata diyakini mampu membuat para pengunjung betah berlama-lama.

    “Situ Mustika masih bisa dinikmati pengunjung namun karena situasi Covid-19, tentunya kami mewajibkan para pengunjung menerapkan protokol kesehatan,” kata dia.

    Bunda Jeny mengatakan, meski dalam kondisi tempat wisata terpuruk akibat pandemi Covid-19, pihaknya memilih banyak melakukan aksi sosial untuk membantu masyarakat lingkungan yang terdampak.

    “Di masa pandemi, kami melakukan aksi sosial dengan memberikan santunan kepada masyarakat sekitar. Khusunya para kaum dhuafa, anak yatim, panti jompo dan penyandang disabilitas. Setiap tanggal 25, kami selalu melakukan kegiatan tersebut,” kata dia.

    Selain itu, Bunda Jeny menyebutkan tepat pada hari ini (25 Desember 2020) Situ Mustika berusia dua tahun. Pada momen hari ulang tahun tersebut, dia berharap bisa lebih memberikan yang terbaik untuk para pengunjung maupun warga sekitar.

    “Hari ini  tepat ulang tahun Situ Mustika yang kedua, di hari ultah ini tentunya kami berharap bisa menjadi tempat wisata yang terbaik dalam memberikan pesona kepada setiap pengunjung,” kata dia

    Pengelola Situ Mustika menyebutkan, pihaknya akan menambah spot baru untuk menambah pesona keindahan destinasi wisata Situ Mustika.

    “Kita kedepannya juga akan membuat spot baru, seperti darmaga. Ini akan menjadi spot selfi atau berfoto dan spot-spot yang lainnya,” kata Bunda Jeny.

    (Budiana Martin/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img