spot_img
Senin 26 Februari 2024
spot_img
More

    Bikin Penasaran, 5 Kamera HP Rilisan Tahun 2020 yang Tangguh

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Bagi pecinta fotografi akhir-akhir ini harus mencoba kemampuan sejumlah kamera HP terbaik di penghujung tahun 2020. Pasalnya HP smartphone rilisan tahun 2020 telah memberi fasilitas canggih, dengan segala fitur kamera HP yang tersedia. Bahkan, tidak sedikit HP terbaru 2020 tersebut yang menjadi trend dan booming di pasar gadget Indonesia. Tanpa perlu basa basi, cek deretan HP bak kamera digital berikut.

    Deretan Gawai Dengan Teknologi Kamera Canggih Di Tahun 2020

    1. Samsung Galaxy M51

    Kamera hp
    Samsung Galaxy M51(Web)

    Jika berbicara mengenai kamera HP, nama Samsung pasti tidak akan terlewat. Mencapai kuartal akhir tahun, pada bulan September 2020 Samsung menggebrak pasar gadget Indonesia dengan Samsung Galaxy M51 yang memiliki performa tinggi. Sebagai salah satu produk smartphone mid-range, tidak kaget jika M51 dibanderol dengan harga 5 jutaan.

    Gawai yang satu ini menargetkan pasar Indonesia yang digandrungi dengan dunia gaming. Demi memenuhi kebutuhan gaming tersebut, ponsel ini diotaki dengan Snapdragon 730 plus RAM 6GB. Sudah pasti ngebut untuk bermain game kekinian. Tidak berhenti disitu saja,  ponsel dengan ukuran 6,7 inchi ini bahkan sudah dilengkapi Quad kamera beresolusi tinggi.

    Di punggungnya terdapat kamera HP modul dengan lensa 64 MP wide, 12 MP ultrawide, 5 MP macro, dan 5 MP depth camera. Di bagian mukanya, terdapat bintik kecil berisi kamera selfie berlensa 32MP. Selayaknya fitur Samsung lainnya, gambar yang dihasilkan tampil jernih dengan kemampuan zoom yang mumpuni. Tidak heran jika M51 jadi trend HP terbaru 2020.

    BACA JUGA: Xiaomi Luncurkan Mi 10 Ultra Kamera HP 48MP

    2. POCO X3 NFC

    kamera hp
    Poco X3 NFC (Web)

    Selain nama Samsung, ternyata Xiaomi masih menjadi salah satu produsen gawai yang digemari di pangsa tanah air. Para mi-Fans pun dibuat heboh dengan perilisan resmi POCO x3 NFC di awal bulan Oktober lalu. Lagi lagi, gawai yang satu ini sudah diotaki dengan sistem canggih untuk melibas permainan smartphone kekinian.

    Tidak heran juga jika smartphone dengan harga terjangkau namun berkualitas flagship ini ramai dicari penggemarnya. Spesifikasinya pun sangat tinggi, karena Snapdragon 732G disematkan bersama dengan RAM 6GB dan GPU Adreno 618. Alhasil, gawai ini memberi tampilan memukau baik untuk permainan atau penggunaan sehari harinya.

    Meski demikian, POCO x3 juga tidak mau kalah dalam hal kamera HP. Di bagian punggungnya terdapat 4 kamera dengan modul unik di bagian tengah. Selain memberikan tampilan unik, ternyata POCO X3 sendiri sudah dibekali kamera 64 MP+13MP+2MP+2MP. Ditambah dengan 20 MP kamera selfie, uniknya harga gawai ini hanya berkisar di angka 3 jutaan saja.

    3. Realme 7

    kamera terbaik
    Realme 7 (Web)

    Setelah sukses dengan Realme 6 yang cocok untuk gaming, anak produsen OPPO ini pun merilis HP terbaru 2020 bernama Realme 7. Dirilis pada awal bulan September, ternyata gawai ini cukup menarik perhatian karena spesifikasi dewa yang dimiliki. Hal tersebut karena Realme 7 diotaki dengan Chipset Mediatek Helio G95, 8GB RAM, dan GPU Mali-G76 MC4.

    Sudah pasti performa yang diberikan sangat baik untuk menjalankan jenis game berat kekinian. Namun demikian ada pula jenis Realme 7 pro yang ternyata dipasangi dengan quad camera yang cukup jernih. Pasalnya, sensor Sony IMX 682 ikut disematkan untuk membuat hasil jepretan semakin detail, bersih, dan juga jelas dibantu dengan fitur plus AI Realme.

    Menariknya, HP dengan harga 4 jutaan ini mampu memberikan hasil jepretan yang tidak kalah memukau meski modul kameranya berlensa lebih rendah. Kamera belakangnya saja hanya terdiri dari 64MP + 8MP + 2MP + 2MP kamera. Sedangkan bintik kecil di bagian kanan layar telah disematkan lensa kamera 16 MP.

    Jika dilihat dari angka, memang ponsel ini tidak seluar biasa Samsung M51. Tapi soal hasil, Realme 7 juga tidak kalah menarik. Pasalnya mode ultra clear dari kamera utama 64MP HP terbaru 2020 bersensor Sony IMX 682 ini, mampu beri fitur pro dan AI canggih. Penyesuaian parameter hingga perubahan software mode AI, membuat bidikan ultra 64MP sebanding dengan gawai lainnya. 

    BACA JUGA: Apa itu Teknologi Gimbal Stabilization di Vivo X50 Series?

    4. Vivo V20

    kamera hp
    Vivo V20 (Web)

    Mencapai penghujung tahun 2020, bulan Oktober menjadi waktu yang banyak digunakan produsen kawakan untuk ajang gawai baru. Sama halnya dengan VIVO V20 yang tidak mau kalah di pasar Indonesia. Gawai besutan Vivo  seharga 5 jutaan ini, sebenarnya adalah ponsel mid-range yang memadukan kemajuan teknologi kamera dan juga kinerja mesin tinggi.

    Ponsel dengan AMOLED 6,44 inci ini berkesan kompak dan berbobot 171 gram saja. Tetapi di bagian dalamnya tersematkan Chipset tangguh Snapdragon 720G, Adreno 618, dan RAM 8 GB. Spesifikasi tersebut tentunya menjadi daya tarik bagi mereka yang suka bermain game. Namun dalam aspek kamera, V20 justru dilengkapi kamera swafoto tangguh.

    Bentuk poni kecil pada layar depannya adalah kamera selfie 44MP. Kualitas jepretan Ultra high definition-nya bisa dianggap sempurna. Dengan bantuan AI dan fitur yang tersedia, segala noise, cahaya, hingga kejernihan bisa dilibas dengan baik. Tanpa fitur itu pun, kualitas swafoto ini akan tampak lebih dramatis berkat lensa itu sendiri.

    Beberapa fitur HP terbaru 2020 ini adalah selfie softlight band, Slow-mo selfie video, Eye autofocus, dan masih banyak lainnya. Kinerja dari kamera HP modul belakangnya pun tidak kalah baik meski hanya ada tiga buah saja, yakni 64MP main camera, 8MP wide, dan 2 MP mono. Lagi lagi banyak sekali fitur yang disediakan, termasuk dengan mode pro yang bisa Anda setting sesuai kebutuhan.

    5. OPPO Reno 4f

    kamera hp
    Oppo Reno 4F (Web)

    Hp kelas mi-drange dari OPPO pun rilis di bulan Oktober 2020. Banderol harga 4,3 juta yang digunakan sempat membuat orang penasaran dengan apa yang ditawarkan. Untuk menjawab keraguan tersebut, Reno 4f hadir dengan kuantitas kamera HP yang lebih banyak. Yaitu 6 buah kamera, 4 di belakang dan 2 (16MP+2MP) kamera swafoto di bagian depan.

    Kamera HP modul yang ada di bagian punggung Reno 4F berlensa 48MP + 8MP +2MP + 2MP. Meski tidak menggunakan 64 MP kamera, nyatanya pengguna masih merasa puas dengan hasil jepretan yang didapat. Hal tersebut karena terdapat banyak fitur dan teknologi kecerdasan yang canggih. Seperti AI color portrait yang mampu memisah objek manusia dan background.

    Alhasil efek bokeh pada foto pun lebih rapi dan detail. Salah satu efek HP terbaru 2020 yang menarik adalah gambar artsy. Yang mana objek latar belakang menjadi hitam putih dan manusianya berwarna. Masih banyak fitur lainnya yang tidak kalah dengan merek lain. Uniknya, RENO 4F juga dilengkapi Mediatek Helio P9, 8GB Ram, dan PowerVR GM 9446 untuk membuat kinerja lebih mantap.

    Jika melihat tren gadget tahun 2020, bisa dikatakan hampir semua produsen berebut untuk menampilkan inovasi kamera terbaik. Mencapai penghujung kuartal akhir 2020, ternyata tidak sedikit gawai yang berani hadirkan kamera dengan total 80+ MP. Yang pasti jumlah tersebut tidak main main. Ditambah dengan fitur canggih lainnya, penghobi fotografi pasti akan terlena.

    Bagi pencinta fotografi memang sangat penting kualitas kamera HP, pasalnya dengan baiknya kualitas kamera HP Anda saat ini sangat dimudahkan sekali untuk berbagai kegiatan fotografi, setidaknya pada saat ingin memoto di momen tertentu tidak memerlukan lagi kamara DSRL atau Mirorless. 

    Silahkan Anda memilih HP dengan kamera HP terbaik ada bermacam merk dan tipe yang bisa disesuaikan dengan buget yang Anda miliki. 

    BACA JUGA: iPhone Terbaru Pakai Lensa Periskop Samsung?

    (Anthika Asmara) 

    Berita Terbaru

    spot_img