spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Sastrawan Iman Budhi Santosa Menghembuskan Nafas Terakhir, Ini Penyebabnya

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dunia Sastra Indonesia kembali berduka, Sastrawan ternama Indonesia Iman Budhi Santosa menghembuskan napas terakhir pada, Kamis (10/12/2020) pagi. Penulis yang dikenal dengan sapaan IBS tersebut meninggal di kediamannya karena serangan jantung.

    “Tadi pagi, jadi diketahui sekitar pukul 08:00 WIB,” kata rekan IBS Sigit Sugianto dikutip detik.com. 

    Lebih lanjut, Sigit menjelaskan, Iman Budhi Santosa meninggal di rumah kostannya yang berlokasi di Dipowinatan kota Yogyakarta. Kata dia, penyebab meninggnya IBS karena terkena penyakit jantung.

    “Meninggal dirumah kost beliau sudah lama ngontrak di Dipowinatan Kota Yogyakarta, beliau punya penyakit bawaan jantung beberapa tahun terakhir ini memang jantungnya bermasalah” kata Sigit.

    BACA JUGA: JNE Terus Mendorong Peningkatan Kualitas UKM Indonesia

    Sigit menambahkan, Jenazah almarhum akan dimakamkan hari ini dipemakaman seniman  sapto Bantul Yogyakarta.

    “Dua hari sebelum meninggal saya kesini kerumah kost IBS ngobrol 2 jam lebih, banyak hal yang kita bicarakan baik rencana rencana, baik kegiatan masa lalu” kata Sigit.

    Iman Budhi Santosa lahir di Magetan Jawa Timur pada tanggal 28 Maret 1948. Sejak muda Iman sudah bergelut di dunia sastra dengan bergabung di Perstada Studi Klub (PSK) Yogyakarta, yang ditunggangu penyair ternama Umbu Landu Paranggi.

    Bergabung di PSK bakat dan Sastra Iman sebagai penyair semakin terasah. Diketahui, Iman bergaul akrab dengan Sastrawan lain yang tergabung didalamnya.

    Spenjang bergelut di dunia sastra, Iman Budhi Santosa tercatat telah menerbitkan sedikitnya 4 antalogi puisi, 3 Novel, satu kumpulan cerpen, dan satu antalogi puisi berbahasa Jawa.

    (Fauza/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img