spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Persib dan 3 Klub Liga 1 Lolos Lisensi AFC

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Persib Bandung bersama lima klub lainnya di Indonesia,Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Borneo FC, dan Arema FC mengantongi lisensi klub profesional dari Asian Football Confederation (AFC).

    AFC Club Licensing Cycle merupakan suatu proses standarisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub sepakbola profesional yang diperkenalkan oleh AFC untuk mendukung perkembangan sepak bola.

    Selain sebagai acuan standar profesional, AFC Club Licensing Cycle juga juga merupakan suatu syarat klub untuk dapat berpartisipasi di kompetisi resmi AFC seperti AFC Champions League dan AFC Cup.

    Sebelum mendapatkan lisensi tersebut, setiap klub harus lolos lima kriteria yang menjadi penilaian pada AFC Club Licensing, mencakup sporting, infrastructure, personnel serta administration, legal, dan finance. Tahun ini, seluruh klub Liga 1 2020 mengajukan untuk mengikuti proses ini.

    BACA JUGA: Gelandang Persib Kembangkan Bisnisnya

    “PSSI ke depan akan sedang menyiapkan National Club Licensing untuk kita terapkan di Liga 1 dan Liga 2,” kata Plt Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi dikutip dari laman PSSI.

    “Kita berharap semakin banyak klub profesional di Tanah Air yang membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia sudah berada dalam track menuju industri sepakbola. Karena semakin banyak klub profesional di Indonesia, semakin maju dan jaya sepakbola Indonesia,” tambah Yunus Nusi.

    Sementara itu, lisensi tersebut bukanlah yang pertama didapat skuat Maung Bandung,  karena status klub profesional dari AFC selalu diperoleh tim kebanggaan Bobotoh sejak tahun 2015 lalu.

    (Arif/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img