BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sudah hampir dua bulan menjalani penjaringan dan proses
seleksi, Festival Kreatif Lokal Award 2020 kini memasuki babak final. Saat ini tersisa 30 UKM
terbaik yang akan bersaing meraih penghargaan tertinggi di penjurian final pada 18 dan 25
Oktober 2020 mendatang.
Kreatif Lokal Award 2020 merupakan bagian dari Festival Kreatif Lokal 2020, dimana
peserta yang mendaftar di tahun ini berasal dari seluruh pelosok negeri, seperti Aceh,Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Nusa Tenggara Barat dan Papua.
Dari jumlah itu, 81 persen merupakan pelaku UKM dengan rentang usia produktif 21-35 tahun, dengan mayoritas dijalankan oleh perempuan.
Sebanyak 1079 UKM yang mendaftar telah melalui serangkaian proses seleksi tahap awal antara lain, seleksi berdasarkan keaslian usaha, tingkat keberlanjutan, dan proyeksi bisnis, serta wajib memenuhi syarat lebih dari satu tahun menjalankan usaha dan menjajakan produknya secara digital.
BACA JUGA: Festival Kreatif Lokal Award 2020 Dorong Peningkatan Pelaku UMKM
Dalam tahap ini menghasilkan 30 peserta yang masuk ke babak semi-final pada (14/10/2020) lalu. dan berhasil memilih 18 finalis yang berasal dari enam kategori ekonomi kreatif.
Mereka adalah Balabalabear, Ezmour, dan Semilir Ecoprint di kategori Fashion. Lalu, Baskoro
Manjer Kawuryan, Congwayndut (Keroncong Wayang Gendut), dan Serumpun Lima Studio untuk kategori Pertunjukan. Di kategori Fotografi ada, Kotak Narsis, Mball Digital, dan Smagz Studio/ Fireworks Photography.
Selain itu, di kategori Kuliner yaitu Dapur Chantique, Dewi Home Crab, dan Wayo Strawberry. Untuk kategori Video ada Aceh Documentary, Kisahbersama Studio, dan Riplay Studio. Terakhir di kategori Kriya adalah Bangsawan Indonesia Tekstil, Dekardekorshop, serta Tenuneboon.
“Penjurian final akan menggunakan variabel penilaian seperti inovasi dan kreativitas usaha, portofolio usaha, presentasi, serta dampak positif usaha mereka terhadap lingkungan sekitar dan ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia,” kata Direktur SDM dan Marketing Adira Finance Swandajani Gunadi pada keterangan tertulis Minggu (18/10/2020).
Menurutnya, di babak final Kreatif Lokal Award 2020, para UKM akan mendapatkan beberapa
variabel penilaian tambahan pada sesi penjurian yang digelar secara online. Penjurian akan dibagi menjadi dua sesi, pertama di 18 Oktober 2020 untuk kategori Fashion, Pertunjukan dan Fotografi. Sedangkan pada 25 Oktober 2020 digelar penjurian untuk sesi kategori Kriya, Kuliner dan Video.
Swandajani mengatakan, untuk setiap sesi, penilaian berdasarkan motivasi peserta, hasil produk UKM dan dampaknya terhadap lingkungan sekitar, serta komitmen jangka panjang para peserta terhadap produk dan usaha mereka.
Lebih lanjut Swandajani mengatakan, festival Kreatif Lokal Award 2020 adalah kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Adira Finance bekerjasama dengan Kemenparekraf RI bertemakan#BangkitBersamaSahabat yang diadakan mulai Agustus 2020 hingga Januari 2021 mendatang. Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan Adira Finance terhadap program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia.
“Pandemi Covid-19 telah berimbas pada sektor usaha. Kondisi ini mendorong untuk bangkit juga berkolaborasi dalam menghadapi kesulitan ekonomi. Kita berharap lewat Festival Kreatif Lokal 2020, para pelaku UKM ini bisa terus menciptakan prestasi kinerja mengagumkan, inovasi dan kreativitas, sehingga lebih meningkatkan taraf hidup lingkungan sekitarnya sekaligus membantu perekonomian nasional,“ katanya.
Sementara itu, Direktur Utama KapanLagi Youniverse Steve Christian mengatakan, selain penjurian, sesi pertama final Kreatif Lokal Award 2020 juga akan menghadirkan hiburan dari Tiara Andini. Untuk melihat proses penjurian dan beragam keseruan yang tersaji nanti, masyarakat dapat menyaksikannya secara langsung melalui Vidio.com.
Bahkan, penonton bisa ikut berpartisipasi dengan memberikan vote untuk memilih pelaku UKM terfavorit, dengan mengakses tautan vote pada pinned chat atau memindai barcode lewat kamera handphone di video penjurian babak final.
Selain itu, masyarakat juga bisa memberikan dukungan langsung pada produk Indonesia dan pelaku UKM peserta Festival Kreatif Lokal 2020, dengan mengunjungi dan berbelanja produk-produk mereka di Bukalapak.
“Ini adalah kesempatan besar untuk Pelaku UKM mendapatkan exposure agar usaha mereka
dikenal Jarang ada event di mana perusahaan besar seperti Adira Finance dan Pemerintah,
bekerja sama mendukung UKM dengan totalitas ditambah lagi dengan dukungan banyak
perusahaan media di bawah Emtek,” kata Steve Christian.
Diketahui, pemenang Kreatif Lokal Award 2020, akan diumumkan pada (13/11/2020) mendatang bertepatan dengan malam perayaan HUT ke-30 Adira Finance. Mereka akan mendapatkan hadiah modal usaha ratusan juta rupiah, business coaching dan pendampingan usaha dari Kemenparekraf, serta eksposure di media massa.
(Yusuf Mugni/Anthika Asmara)