spot_img
Rabu 24 April 2024
spot_img
More

    Pemkot Bandung Kaji Penawaran Persib soal GBLA

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota  Bandung sedang mengkaji permohonan PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) terkait keringanan biaya sewa Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di masa pandemi.

    Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung Edi Marwoto mengatakan, PT PBB harus membayar uang sewa sebesar Rp80 juta dalam satu kali pertandingan. Kondisi itu berlaku dalam situasi normal.

    “Acuannya ada pada Perwal. Tetapi Persib sempat mengajukan keringanan. Nah, kita akan meminta pendapat hukum dan pimpinan terkait hal ini,” kata Edi di Balaikota Bandung, Jalan Wastukencan, Jabar Selasa (29/9/2020).

    BACA JUGA: Pemkot Bandung Belum Izinkan SPA Beroprasi Kembali

    Menurut dia, permintaan tersebut wajar. Meski menyandang label tim besar, klub kebanggaan Bobotoh tersebut pun turut terdampak Covid-19. Sebab, mereka besar dari sponsor dan suporter setianya.

    “Tentu akan ada keringanan untuk Persib. Kita juga memaklumi karena pendapatan sebuah klub dari tiket penonton dan sponsor. Nah sekarang ini kan tidak ada, mereka (penonton) tidak diperkenankan mendukung langsung di lapangan,” kata Edi.

    Edi mengatakan bahwa selama ini Persib rutin menggunakan stadion GBLA baik untuk berlatih atau sebagai homebase tim selama kompetisi digulirkan.

    “Kita juga sudah menyiapkan GBLA sebagai homebase Persib di musim ini (2020). Kita sudah melakukan berbagai perbaikan, termasuk berkoordinasi dengan Bareskrim, Polda, Polrestabes dan Manajemen PT PBB,” kata dia.

    Dia memastikan stadion itu siap digunakan terlebih GBLA sudah lolos verifikasi dari PT Liga Indonesia Baru selaku operator liga 1. Namun, kata dia, ada kabar bahwa kompetisi Liga 1 yang seharusnya digulirkan 4 Oktober 2020 terancam batal dilaksanakan. Kendati begitu pihaknya akan menunggu informasi resmi baik dari PSSI ataupun PT LIB.

    “Kita menunggu informasi resmi. Kalau ternyata Liga 1 dan Liga 2 diizinkan, kita akan menggelar simulasi pertandingan pada 7 Oktober. Simulasi ini untuk melihat kesiapan protokol kesehatan di stadion, dan semua akan ikut terlibat,” kata dia.

    (Yusuf Mugni/Olin)

    Berita Terbaru

    spot_img