spot_img
Selasa 23 April 2024
spot_img
More

    Yayasan Muslim Sinar Mas-JNE Ajak Masyarakat Wakaf Al Quran

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Yayasan Muslim Sinar Mas melalui Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas bersama dengan BenihBaik.com dan JNE mengajak masyarakat turut berbagi kebaikan melalui program Wakaf Al Quran di platform crowdfunding. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian hari ulang tahun (HUT) Sinar Mas ke-82 tahun pada 3 Oktober mendatang.

    Setiap Al Quran yang terkumpul dari donasi tersebut, jumlahnya akan digandakan APP Sinar Mas dengan jumlah maksimal mencapai 10 ribu Al Quran. Peluncuran program ditandai dengan penandatanganan kerjasama antar pihak yang dilakukan melalui aplikasi zoom.

    Penandatanganan dilakukan Ketua Umum Yayasan Muslim Sinar Mas Saleh Husin dan founder BenihBaik.com Andy F. Noya.

    Saleh mengatakan, sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia masih menghadapi masalah kurangnya ketersediaan Al Quran. Dengan kebutuhan mencapai 4-5 juta mushaf per tahun, kemampuan pemerintah menyediakan Al Quran baru sekitar 1 juta mushaf pertahun.

    “Kementerian Agama (Kemenag) pun menyatakan jika 65 persen umat muslim Indonesia belum mampu membaca Al Quran. Itu sebabnya kami, Yayasan Muslim Sinar Mas melalui APP Sinar Mas, bersama BenihBaik.com dan JNE mengajak publik ikut berpartisipasi dalam program Wakaf Al Quran sekaligus mendukung pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan Al Quran di tanah air,” ujar Saleh.

    BACA JUGA: Terpilih Aklamasi, Gunaryo Pimpin Organisasi Triathlon Jabar

    Terlibat dalam distribusi wakaf Al Quran, disambut baik perusahaan pengiriman dan logistik terbesar di tanah air, JNE. Selama ini, JNE terus berupaya terlibat dalam berbagi kebaikan
    bagi sesama.

    “Kerjasama JNE dengan BenihBaik.com dan APP Sinar Mas adalah bentuk nyata mengajak dan memudahkan setiap orang dimana pun berada untuk bersedekah serta berbagi dalam rangka membantu sesama. Ini sesuai dengan tagline kami yaitu Connecting Happiness,” ujar Presiden Direktur JNE M. Feriadi.

    Melalui kolaborasi ini, JNE pun dapat semakin memaksimalkan upayanya memberikan manfaat seluas-luasnya kepada masyarakat.

    Founder BenihBaik.com Andy F Noya mengatakan, wakaf Al Quran yang dilakukan Yayasan Muslim Sinar Mas, APP Sinar Mas dan JNE akan sangat bermanfaat bagi kebaikan seluruh umat manusia.

    “Dari kolaborasi ini, kita belajar untuk berbagi dan melipat gandakan kebaikan. Bagi penerimanya kelak, kami di BenihBaik.com juga berharap bisa memberikan suri tauladan kebaikan untuk orang lain lagi,” kata Andy F. Noya.

    Seluruh hasil dari wakaf Al Quran tersebut, akan didistribusikan ke pondok-pondok pesantren di wilayah Gunung Kidul, Yogyakarta. Biaya untuk pengadaan satu buah Al Quran senilai Rp47 ribu.

    Bupati Gunung Kidul Badingah mengatakan, sekolah-sekolah di Gunung Kidul masih kekurangan Al Quran. Setidaknya dibutuhkan sekitar 17 ribu Al Quran. “Melalui wakaf Al Quran ini, tentu saja sangat berarti dan kami sangat berterima kasih,” kata Badingah.

    Program Wakaf Al Quran merupakan upaya Yayasan Muslim Sinar Mas melalui APP Sinar Mas
    mengamalkan nilai-nilai kebaikan, kepedulian, serta semangat saling berbagi dan silaturahim dengan sesama. Hal ini menjadi komitmen mendukung pemerintah dalam upaya pemenuhan kebutuhan Al Quran di tanah air.

    Sejak tahun 2008, APP Sinar Mas telah mendonasikan lebih dari 900 ribu mushaf Alquran,
    150 ribu buku panduan membaca Alquran atau Juz Amma, juga 300 set Alquran Braille bagi
    tuna netra. Baik melalui mitra maupun pilar bisnis Sinar Mas yang tersebar di berbagai wilayah.

    Pada tahun ini, APP Sinar Mas berencana mewakafkan hingga 150 ribu mushaf serta 25 ribu Juz Amma. Kertas Al Quran yang diwakafkan, menggunakan kertas premium khusus Sinar Tech atau yang lebih dikenal sebagai Quran Paper (QPP) yakni produk kertas yang dikembangkan unit industri APP, Indah Kiat Pulp & Paper-Tangerang yang memiliki tekstur sangat halus.

    Selain itu, hasil cetakan Al Quran ini sangat baik dan detil. Tinta tidak meluber dan tidak tembus serta tidak menyilaukan mata pembacanya. Kualitas cetakan pun disebut mampu bertahan hingga 100 tahun dalam keadaan normal.

    Kelebihan lain, produk kertas ini sudah memenuhi sertifikat halal dari LPPOM MUI karena bahan baku dan proses produksinya telah memenuhi kaidah kehalalan. 90 persen dari produk ini diekspor ke negara-negara yang menjadi rujukan pusat-pusat percetakan Al Quran seluruh dunia. Antara lain Arab Saudi, Turki, Iran, dan Kuwait. Hingga saat ini, APP Sinar Mas sudah memasok 60 persen kebutuhan kertas Al Quran di dunia sejak 2018.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img