spot_img
Rabu 24 April 2024
spot_img
More

    Wisata Kampung Saladah Ciamis Terbengkalai Karena Pandemi

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Wisata Kampung Saladah di wilayah Dusun Pasirtamiang Tonggoh Desa Pasirtamiang Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis, Jawa Barat kondisinya saat ini kurang terawat padahal lokasi tersebut merupakan tempat wisata alam yang berada di ketinggian Gunung Sawal Ciamis yang banyak dikunjungi wisatawan.

    “Terbengkalainya Wisata Kampung Saladah ini sejak pandemi Covid-19 beberapa bulan kebelakang,” kata Sumiati salah seorang kader PKK Desa Pasirtamiang.

    Sumiati mengatakan, beberapa waktu lalu sebelum Covid-19 Wisata kampung Saladah merupakan Destinasi wisata alam yang cukup banyak dikunjungi dari berbagai daerah di Kabupaten Ciamis.

    “Awalnya Kampung Saladah ramai dikunjungi wisatawan untuk menikmati suasana indahnya alam dilingkungan sini,” katanya.

    Sumiati menuturkan, di lokasi Kampung Saladah sebelum sepi seperti saat ini para pengunjung bisa menikmati suasana pegunungan dan gemericiknya air sungai yang berasal dari mata air gunung sawal.

    “Di Sungai yang airnya sangat jernih para wisatawan bisa melepaskan kepenatan dengan bermain air di lokasi itu,” kata dia.

    Sumiati menjelaskan, selain bisa bermain air di sungai yang airnya sangat jernih wisatawan bisa memetik langsung tanaman Saladah untuk dibawa pulang.

    “Selain petak-petak tempat sayuran Saladah ditanam yang konon telah berusia ratusan tahun lokasi Kampung Saladah juga sangat cocok untuk berswapoto dengan spot-spot untuk berpoto cukup beragam,” kata Sumiati.

    Sumiati melanjutkan, namun karena mewabahnya Covid-19 Kampung Saladah yang tadinya banyak dikunjungi wisatawan mulai mengalami penurunan pengunjung.

    BACA JUGA: Curug Dengdeng Destinasi Wisata Unggulan Ciamis Selatan

    “Dalam satu bulan kebelakang Kampung Saladah ini benar-benar sepi pengunjung dan bila adapun pengunjung hanya orang sini,” katanya.

    Sumiati berharap, kepada pihak pemerintah untuk membangkitkan kembali kondisi Kampung Saladah agar tetap dikunjungi sebagai tempat wisata alam yang bisa menjadi tumpuan perekonomian warga Desa Pasirtamiang dan sekitarnya.

    “Kalau Kampung Saladah ini ramai seperti beberapa waktu lalu bisa mendongkrak perekonomian warga disini karena mereka bisa berjualan di Kampung Saladah ini,” kata dia.

    (Husen Maharaja/Antik)

    Berita Terbaru

    spot_img