Sabtu 19 September 2020

Wisata Kampung Saladah Ciamis Terbengkalai Karena Pandemi

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Wisata Kampung Saladah di wilayah Dusun Pasirtamiang Tonggoh Desa Pasirtamiang Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis, Jawa Barat kondisinya saat ini kurang terawat padahal lokasi tersebut merupakan tempat wisata alam yang berada di ketinggian Gunung Sawal Ciamis yang banyak dikunjungi wisatawan.

“Terbengkalainya Wisata Kampung Saladah ini sejak pandemi Covid-19 beberapa bulan kebelakang,” kata Sumiati salah seorang kader PKK Desa Pasirtamiang.

Sumiati mengatakan, beberapa waktu lalu sebelum Covid-19 Wisata kampung Saladah merupakan Destinasi wisata alam yang cukup banyak dikunjungi dari berbagai daerah di Kabupaten Ciamis.

“Awalnya Kampung Saladah ramai dikunjungi wisatawan untuk menikmati suasana indahnya alam dilingkungan sini,” katanya.

Sumiati menuturkan, di lokasi Kampung Saladah sebelum sepi seperti saat ini para pengunjung bisa menikmati suasana pegunungan dan gemericiknya air sungai yang berasal dari mata air gunung sawal.

“Di Sungai yang airnya sangat jernih para wisatawan bisa melepaskan kepenatan dengan bermain air di lokasi itu,” kata dia.

Sumiati menjelaskan, selain bisa bermain air di sungai yang airnya sangat jernih wisatawan bisa memetik langsung tanaman Saladah untuk dibawa pulang.

“Selain petak-petak tempat sayuran Saladah ditanam yang konon telah berusia ratusan tahun lokasi Kampung Saladah juga sangat cocok untuk berswapoto dengan spot-spot untuk berpoto cukup beragam,” kata Sumiati.

Sumiati melanjutkan, namun karena mewabahnya Covid-19 Kampung Saladah yang tadinya banyak dikunjungi wisatawan mulai mengalami penurunan pengunjung.

BACA JUGA: Curug Dengdeng Destinasi Wisata Unggulan Ciamis Selatan

“Dalam satu bulan kebelakang Kampung Saladah ini benar-benar sepi pengunjung dan bila adapun pengunjung hanya orang sini,” katanya.

Sumiati berharap, kepada pihak pemerintah untuk membangkitkan kembali kondisi Kampung Saladah agar tetap dikunjungi sebagai tempat wisata alam yang bisa menjadi tumpuan perekonomian warga Desa Pasirtamiang dan sekitarnya.

“Kalau Kampung Saladah ini ramai seperti beberapa waktu lalu bisa mendongkrak perekonomian warga disini karena mereka bisa berjualan di Kampung Saladah ini,” kata dia.

(Husen Maharaja/Antik)

Berita Lainnya

Artikel Lainnya

Ini 3 Penyebab Keguguran

BANJAR,FOKUSJabar.id: Untuk menghindari keguguran, menjaga kondisi janin sehat merupakan...

Kemdikbud Tak Wajibkan Matpel Sejarah di Tahun 2021

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) berencana melakukan penyederhanaan kurikulum yang akan diterapkan pada Maret 2021. Dalam rencana tersebut, mata pelajaran sejarah tidak wajib...

Facebook Kenalkan Facebook Campus, Ini Fitur Utamanya

AMERIKASERIKAT,FOKUSJabar.id: Facebook memperkenalkan Facebook Campus, ruang khusus yang dirancang untuk membantu mahasiswa terhubung dengan sesama teman sekelas melalui minat yang sama. Facebook Campus memudahkan untuk...

Lampu PJU Tak Menyala, Jalan Padaherang-Kalipucang Rawan Kriminal dan Kecelakaan

PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di sepanjang Jalan Raya Padaherang-Kalipucang, Pangandaran, banyak yang sudah tidak berfungsi atau bahkan padam. Kondisi PJU pun terkesan dibiarkan...

Arsenal Permalukan Fulham 3-0, Debut Manis Willian

LONDON,FOKUSJabar.id: Arsenal membuka musim baru Liga Inggris (English Premier League, EPL) dengan kemenangan 3-0 saat bertandang ke markas tim promosi, Fulham, di Craven Cottage,...

Gatrik Picu Geliat Wisata di Ciamis

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Bus Wisata Galuh Tour Kota Klasik (Gatrik) semakin diminati warga Ciamis. Bahkan warga rela mengantre dan menunggu giliran naik Gatrik untuk berkeliling objek...

Serena Williams Absen dari Italia Open 2020

AMERIKASERIKAT,FOKUSJabar.id: Serena Williams terpaksa harus menunda keinginannya tampil di turnamen Italia Open yang akan dimulai Senin (14/9/2020). Mantan petenis peringkat satu WTA ini terpaksa...