spot_img
Rabu 15 Mei 2024
spot_img
More

    20 ABK Asal Indonesia di Prancis Dipulangkan

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Sebanyak 20 Anak Buah Kapal (AKB) asal Indonesia di Prancis dipulangkan dan dijadwalkan tiba di Tanah Air pada 20 dan 21 Juni 2020 setelah tiga bulan menunggu repatriasi.

    KJRI di Marseille yang memfasilitasi kepulangan itu menyebut mereka terdiri dari 19 Anak Buah Kapal pada kapal pesiar Le Soleal dan satu ABK kapal pesiar Le Boreal dengan perjalanan terpisah.

    Ke 20 Aanak Buah Kapal itu dipulangkan setelah memenuhi persyaratan repatriasi terkait protokol kesehatan Covid-19 dan dokumentasi. Demikian pernyataan KJRI melalui rilisnya, Sabtu (20/6/2020).

    “Termasuk proses tes PCR sebanyak dua kali, penerimaan sertifikat kesehatan, sertifikat hasil tes, serta surat keterangan kepulangan dari KJRI Marseille,” demikian pernyataan itu.

    Untuk diketahui, Kapal Le Soleal sudah berhenti berlayar sejak 24 Maret dan berlabuh di kepulauan Polinesia Prancis di Samudera Pasifik bagian selatan.

    BACA JUGA: 1.970 WNI ABK dari Jerman berhasil dipulangkan

    “Mereka sempat terkendala dalam proses repatriasi. Beberapa bandara terdekat tidak dapat memberikan pelayanan karena kasus Covid-19, termasuk untuk rute via Manila dan Shanghai,” tulis KJRI Marseille.

    KJRI pun berkoordinasi dengan perusahaan pemilik kapal untuk menentukan rute pemulangan yang memungkinkan. Akhirnya para anak buah kapal itu bisa berangkat dari lokasi pada 17 Juni melalui Tahiti, Vancouver, Paris, Doha, menuju Jakarta.

    Sedangkan satu ABK Le Boreal yang kapalnya juga telah berhenti berlayar sejak Maret, dipulangkan menyusul repatriasi gelombang pertama dengan 26 ABK dari kapal yang sama pada akhir Mei lalu.

    “Situasi terkini, terdapat 19 WNI ABK yang masih bekerja di atas kapal Le Boreal untuk memenuhi ambang minimum manning (pengawakan) kapal,” tulis KJRI Marseille.

    (LIN/ANT)

    Berita Terbaru

    spot_img