spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Dengan SOP Kesehatan, Destinasi Wisata 3 Gili Lombok Segera Dibuka Kembali

    MATARAM, FOKUSJabar.id: Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Moh Faozal mengatakan,  Pemerintah Provinsi (Pemprov) segera membuka destinasi wisata di tiga Gili (Trawangan, Air dan Meno) yang berlokasi di Kabupaten Lombok Utara.

    Tiga Gili sebagai lokasi wisata yang dibuka pertama kali untuk menyongsong normal baru dengan menerapkan protokol kesehatan Corona Virus Disease (Covid-19).

    “Destinasi wisata Tiga Gili sebagai percontohan pembukaan pariwisata dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan virus Corona,” kata Faozal di Mataram, Jumat (12/6/2020).

    Dia menegaskan, selama pandemi Covid-19 sektor pariwisata di wilayahnya lumpuh total. Tidak sedikit  masyarakat yang terlibat di dalamnya menjadi pengangguran dan fasilitas perhotelan tidak beroperasi. Menurutnya, pembukaan kembali objek wisata tiga Gili untuk memulihkan industri pariwisata dan ekonomi.

    BACA JUGA: 24 Destinasi Wisata di Kota Bandung Belum Bisa Dibuka

    Terkait penerapan new normal, kehidupan yang akan dijalankan seperti biasa. Namun dengan tetap menerapkan protokoler kesehatan menjadi kebiasaan.

    Pihaknya bersama Dinas Kesehatan, TGP2D dan unsur lainnya saat ini tengah menyempurnakan SOP normal baru berbasis kebersihan, kesehatan dan keselamatan atau Cleanliness, Health and Safety (CHS).

    Faozal menjelaskan, Pemprov NTB sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Utara untuk memastikan pergerakan wisatawan yang datang ke tiga Gili harus diperketat dalam protokol kesehatan.

    Sementara Kepala Dinas Kesehatan NTB, Nurhandini Eka Dewi mengatakan, upaya membuka kembali objek pariwisata di tiga Gili dengan menerapkan konsep SOP kesehatan yang ketat.

    “Masyarakat harus mulai menjalankan pola hidup sehat, mengikuti protap kesehatan mencegah Covid-19 (pakai masker, jaga jarak, etika bersin dan lainnya),” kata Eka.

    (Bam’s/Ant)

    Berita Terbaru

    spot_img