spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Sempat Fantastis Harga Temu Lawak Kembali Anjlok

    CIAMIS, FOKUSJabar.id : Harga Temulawak ( Curcuma ) di Pasar Manis Ciamis Kabupaten Ciamis Jawa Barat setelah beberapa bulan yang lalu mengalami lonjakan harga akibat banyak diburu warga untuk menjaga ketahanan tubuh antisipasi terserang Covid-19.

    Menurut Yaya salah seorang pedagang di Pasar Manis Ciamis saat mulai merebaknya Covid-19 harga temu lawak yang tadinya murah mendadak sangat tinggi.

    ” Saat mulai ramai Covid-19 harga Temulawak yang dijual para pedagang yang tadinya Rp14 ribu/ Kilogramnya mendadak naik tajam menjadi Rp45 ribu -Rp50 ribu/ Kilogramnya,” katanya. Senin (8/6/2020).

    BACA JUGA : Berkhasiat Tangkal Virus, Temulawak Diburu

    Yaya menuturkan, walaupun saat itu harganya mengalami lonjakan harga justru para pembeli cukup banyak.

    ” Dalam satu hari waktu itu kami bisa menjual 10-20 Kilogram,” ucapnya.

    Yaya mengatakan, seiring kasus Covid-19 sedikit mereda penjualan Temulawak yang biasanya cukup banyak untuk saat ini mulai mengalami penurunan baik harga maupun pembelinya.

    ” Harga untuk saat ini kembali normal dikisaran Rp15 ribu – Rp18 ribu/ Kilogramnya,” jelasnya.

    Yaya melanjutkan, setelah beberapa bulan mengalami lonjakan harga dan saat ini mengalami penurunan harga namun untuk saat ini tidak dibarengi ramainya pembeli.

    ” Untuk saat ini dengan harga Rp15 ribu/ Kilogramnya pembeli  sangat jarang tidak seperti saat harga mencapai Rp50 ribu/Kilogram,” ungkapnya.

    (Husen Maharaja/DH )

    Berita Terbaru

    spot_img